Texting While Walking Safety Mode: ON

805
hrfm texting-while-walking-now-illegal

Orang-orang saat ini seringkali gak bisa jauh dari smartphone mereka. Mulai dari bangun tidur, sampai mau tidur lagi. Dari mulai sambil menyetir sampai jalan kaki. Tentunya hal tersebut membahayakan keselamatan diri sendiri, maupun sekitarnya.

Maka dari itu, ada aturan untuk nggak menggunakan smartphone ataupun ponsel saat sedang menyetir. Bahkan menggunakan ponsel saat berkendara termasuk kedalam perbuatan yang melanggar aturan. Hal tersebut terdapat dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Yang secara implisit menyatakan, menggunakan telepon genggam saat menyetir akan didenda Rp 750 ribu.

Nah gimana kalau menggunakan ponsel saat berjalan? “Texting while walking”, ini juga membahayakan, membahayakan si pengguna. Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi membuat perusahaan provider selular Jepang, DoCoMo, menciptakan sebuah aplikasi untuk memperingati si pengguna saat sedang menemukan ‘bahaya’.

Aplikasi ini memiliki fitur ‘safety mode’ yang bisa memberi tahu kapan Hard Rockers harus berhenti menggunakan ponsel. Jika muncul bahaya, aplikasi ini akan menampilkan teks “Using your smartphone while walking is dangerous. The phone senses you are walking. Please stop.”  Belum jelas kapan aplikasi yang kabarnya untuk pengguna smartphone Android ini akan resmi dirilis, yang pasti kehadirannya ditunggu-tunggu banget nih.

Sumber: news.cnet.com