Your Office Chair Can ‘Kill’ You

935
Sitting-is-Killing-You-Infographic-585x416

 

Ada sejumlah bahaya yang bisa aja mengincar para pekerja yang menghabiskan waktunya seharian duduk di depan komputer dengan tumpukan tugas-tugas dari si boss. Menurut beberapa penelitian, risiko yang ditimbulkan kalau kebanyakan duduk, seperti:

1. Diabetes: Menurut Departemen Kesehatan University of Leicester, terlalu sering duduk rentan terkena penyakit diabetes tipe 2, yang juga berpotensi menjadi serangan jantung. Cara mencegahnya adalah dengan beristirahat setiap satu jam sekali dengan berjalan naik turun tangga.

 

2. Cedera Pinggul: Kalau Hard Rockers adalah seorang wanita dengan struktur pinggul yang lebih luas, risiko ini mungkin aja terjadi. Karena hal ini menyebabkan lebih banyak tekanan pada pinggul, lutut dan tulang belakang yang bisa mendatangkan kelemahan dan peradangan pada otot pinggul. Cara mengatasinya adalah dengan mengatur ketinggian kursi yang sesuai sehingga sudut antara punggung dan kaki membentuk sudut 90 derajat atau kurang dari itu.

3. Carpal Tunnel Syndrome: Carpal Tunnel Syndrome disebabkan oleh terjepitnya syaraf di pergelangan tangan. Menurut National Institute of Neurogical Disoreders and Stroke, CTS tiga kali lebih sering terjadi di pergelangan tangan wanita yang berukuran kecil. Sebagai pencegahan, usahakan untuk menggunakan keyboard dengan desain yang ergonomis dan mengetik dengan irama yang bervariasi untuk meringankan tekanan pada pergelangan tangan.

4. Mata Kering: Dr. Jeffrey R. Anshel dari Corporate Vision Consulting mengatakan, orang-orang lebih banyak bekerja menggunakan komputer sehingga cenderung menderita peningkatan kelelahan pada mata. Padahal, mata manusia tidak dirancang untuk menjaga fokus dan bergerak berulang-ulang di layar komputer. Hard Rockers bisa juga mempraktekkan aturan 20-20-20. Setiap 20 detik setiap 20 menit, beristirahatlah dengan melemparkan pandangan sejauh 20 meter jauhnya.

sitting-all-day-facts

Nah, untuk menghindari hal-hal di atas, bukan berarti Hard Rockers nggak diizinkan untuk duduk, tapi sebisa mungkin meluangkan waktu untuk melakukan pereganmgan guna menetralisir kondisi tubuh saat seharian duduk dan bekerja. Selain itu yang terpenting adalah banyak minum air putih dan rajin berolahraga.