Ada Orang Indonesia Di Balik Film ‘Spider-Man: No Way Home’

283
Ada Orang Indonesia Di Balik Film 'Spider-Man: No Way Home'

Di balik kesuksesan dari film ‘Spider-Man: No Way Home’, ternyata ada orang Indonesia yang terlibat dalam produksi film dari Marvel tersebut. Adalah Ian Martin Ciputra Le yang menjadi CG Artist di film ‘Spider-Man: No Way Home’.

Karya Anak bangsa di dunia perfilman kini sudah mulai merambah ke industri film Internasional. Gak tanggung-tanggu, film selekas ‘Spider-Man: No Way Home’ ternyata ada hasil karya CG Artist asal Indonesia.

Ada Orang Indonesia Di Balik Film 'Spider-Man: No Way Home'

Hal ini bisa terlihat dari credit title film ‘Spider-Man: No Way Home’ yang tercantum nama Ian Martin Ciputra Le. Ian menggarap ‘shading’ di scene Green Goblin tanpa topeng.

Dilansir dari VOA, Ian merupakan pria asal Surabaya yang berkuliah animasi komputer di Seattle & Florida, AS. Ia ditunjuk oleh Marvel untuk memproduksi adegan karakter Green Goblin (William Dafoe).

Ada Orang Indonesia Di Balik Film 'Spider-Man: No Way Home'

Aku kerjain bagian shading, buat ngecek materialnya biar kelihatan kalau terbuat dari metal. Dan ada detil-detilnya, kayak goresan-goresannyanya, lumpur-lumpurnya, kelihatan kotornya. Asal kelihatan real dan meyakinkan kalau itu nggak kayak komputer.” ujar Ian.

Dalam mengerjakan projeknya di film ‘Spider-Man: No Way Home‘, waktu pengerjaan yang dibuat oleh Ian bisa mencapai 12 jam perhari hanya untuk adegan 2 sampai 3 menit.Bahkan, Ian menceritakan bahwa hampir tidak ada libur dalam membuat proses produksi dari film Marvel tersebut.

Bisa kerja mungkin tujuh hari seminggu, terus kerja lebih dari 12 jam (per hari).” kata Ian Martin Ciputra Le.

Film ‘Spider-Man: No Way Home‘ sendiri bukanlah film Internasional pertama yang dikerjakan oleh Ian. Sebelumnya, Ian juga terlibat di film-film Hollywood ternama lainnya seperti Thor: Ragnarok (2017), Doctor Sleep (2019), dan Mortal Kombat (2021).

 

Penulis: Rifqi Fadhillah