Billie Joe Armstrong Sebut Gak Mau Lagi Jadi Warga AS, Ini Alasannya!

154

Vokalis band Green Day, Billie Joe Armstrong dengan terang-terangan bilang akan melepaskan kewarganegaraan Amerika Serikat-nya. Hal ini diungkapkannya setelah merasa kesal pencabutan hak untuk menjalani aborsi.

Sebuah pernyataan tegas dibuat oleh Billie Joe Armstrong saat tampil bersama Green Day di Hella Mega Tour, Jumat (24/6) lalu. Ia merasa geram dengan penolakan terhadap keputusan Mahkamah Agung AS untuk membalikkan keputusan Roe v Wade tahun 1973 yang melegalkan aborsi secara federal.

Oleh karena itu, Billie Joe pun mengatakan bahwa ia gak mau lagi jadi warga negara Amerika Serikat. Omongan dari Billie Joe ini pun terekam oleh penggemarnya yang disambut sorak sorai penonton yang hadir di Stadion London tersebut.

“Persetan Amerika. Gue benar-benar melepaskan kewarganegaraan gue. Gue benar-benar datang ke sini,” kata Armstrong saat di atas panggung.

“Terlalu banyak orang bodoh di dunia ini untuk kembali ke alasan menyedihkan untuk sebuah negara,” lanjut Armstrong.

Billie Joe sendiri tinggal di California, di mana aborsi tetap legal meskipun Roe dicabut. Diketahui, ini adalah pertama kalinya dalam hampir lima dekade, aborsi gak lagi dilindungi sebagai hak federal di AS.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah