Deretan Film Animasi Disney yang Kontroversial

125

Pro dan kontra pasti selalu ada dalam setiap perilisan film. Bahkan, film animasi pun juga banyak mendapat pro dan kontra, salah satunya terbaru ada film Lightyear yang batal tayang di 14 negara.

Disney yang sering membuat film animasi juga pernah membuat film yang kontroversial.  Hal ini berujung pada kritikan hingga pencekalan.

Berikut ini 5 film animasi Disney yang penuh kontroversial.

Peter Pan

Dalam film Peter Pan yang dirilis tahun 1953, karakter utama di film tersebut memiliki seorang teman yang berasal dari suku asli Amerika bernama Tiger Lily. Karakter yang disematkan pada Tiger Lily bisa dibilang cukup rasis, seperti misalnya diperlihatkan kalau Tiger Lily bicara gak jelas, ngelihatin adegan merokok serta nawarin pada anak kecil.

Salah satu adegan yang cukup rasis juga terlihat saat mereka nyanyi lagu ‘What Made the Red Man Red’, yang artinya ‘apa yang membuat pria kulit merah berwarna merah’.

Pinocchio

Film Pinocchio yang dirilis tahun 1940 ini mengisahkan tentang boneka kayu yang ingin menjadi seorang anak manusia. Namun, ternyata ada kisah yang menarik dibalik cerita film Picocchio ini.

Film tersebut juga menceritakan tentang ‘perdagangan anak’, yang dimana terdapat adegan dua orang asing memaksa pinocchio ketika hidup untuk bolos sekolah dan menculiknya. Ada juga adegan yang memperlihatkan anak-anak berubah jadi keledai dan melakukan kerja paksa.

Aladdin

Disney pernah ngebuat film animasi yang relate dengan kehidupan muslim, yakni Aladin. Meski begitu, ternyata film yang dirilis tahun 1992 ini sempat jadi kontroversial karena dalam lagu opening berjudul ‘Arabian Nights’ ada lirik yang nyinggung masyarakat Arab.

Dalam liriknya berbunyi “Mereka akan memotong telingamu saat tidak suka dengan wajahmu. Itu sangat barbar, tetapi hey, inilah rumah kami.”

Luca

Film Luca bercerita tentang seorang monster laut muda bernama Luca Paguro yang bisa berubah menjadi manusia ketika berada di darat. Ia punya sahabat yang bernama Alberto Scorfano. Keduanya pun pun keinginan memiliki sebuah Vespa.

Namun dibalik itu, alur cerita dari Luca ini mengarah pada isu LGBTQ. Karakter di Luca digambarin sosok ‘queer’, yaitu tidak suka dengan lawan jenis.

Lightyear

Terbaru ada Lightyear yang perilisannya dibatalin di 14 negara di Asia dan Timur Tengah. Pasalnya, ada salah satu adegan di dalam film “Lightyear” yang mengandung konten LGBT hingga membuat film tersebut kini dikabarin batal tayang di sejumlah negara.

Ada salah satu adegan dalam film “Lightyear” menampilkan karakter LGBT yang berperan sebagai rekan Buzz ketika menjadi space ranger. Selain itu, juga ada adegan ciuman sesama jenis dari karakter bernama Alisha Hawthorne di film “Lightyear”.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah