Deretan Lagu Rock Hits Ini Ternyata Lagunya Pernah Terlibat Plagiarisme

57

Menciptakan lagu bagi seorang musisi tentunya gak segampang yang dipikir. Bahkan, sekelas musisi ternama pun pernah mencontek atau melakukan plagiarisme dalam pembuatan lagunya.

Diperlukan ketelitian dalam menciptakan lagu dengan memperhatikan hukum hak cipta atau plagiarisme. Tangga nada yang hanya berjumlah tujuh nada membuat banyak lagu yang seakan terlihat sama.

Berikut ini empat kasus plagiarisme lagu rock yang sempat membuat heboh.

The New Seekers & Oasis

Oasis pernah merilis lagu “Shakermaker” pada tahun 1994 silam. Namun ternyata lagu “Shakermaker” ini mirip dengan lagu dari The New Seekers yakni “i’d Like to Teach the World to Sing” yang dirilis pada 1971.

Lagu “i’d Like to Teach the World to Sing” sendiri pernah menjadi single Coca-Cola. Noel Gallagher sendiri mengaku lagu “Shakermaker” diciptakan sebagai  penghargaan budaya untuk masa kecilnya sendiri.

Alhasil, kasus plagiarisme antara The New Seekers dan Oasis menemui titik temu. Oasis pun harus membayar sebesar 500.000 USD kepada The New Seekers .

George Harrison & The Chiffons

Mantan personil The Beatles, George Harrison pernah terlibat kasus plagiarisme dalam lagu “My Sweet Lord” pada tahun 1970 silam. Lagu tersebut ternyata mirip  lagu “He’s So FIne” karya The Chiffons pada bagian melodinya.

Harrison pun digugat oleh sang pencipta lagu “He’s So FIne” yang dirilis tahun 1963 itu. Harrison harus membayar sebesar 587.000 USD atas plagiarisme “secara nggak sadar” menyalin lagu milik Ronnie Mack.

Fantasy & John Fogerty

Kesuksesesan John Fogerty sebagai penyanyi solo dengan lagu berjudul “The Old Man Down the Road”, ternyata berbuntut kasus pada label rekaman lama CCR yaitu Fantasy. John Fogerty sendiri merupakan mantan pemimpin Creedence Clearwater Revival (CCR).

John Fogerty digugat oleh Fantasy karena lagu “The Old Man Down the Road” mirip sama lagu yang diciptakan John Fogerty “Run Through the Jungle” sewaktu masih di CCR. Meski begitun gugatan mampu dimenangkan oleh John Fogerty dengan membawa gitarnya ke pengadilan untuk menunjukkan perbedaan dua lagunya tersebut.

Radiohead & Albert Hammond

Siapa sih yang gak tahun dengan lagu dari Radiohead berjudul “Creep”? Ternyata lagu “Creep” pernah digugat oleh penulis lagu yaitu Albert Hammond dan Mike Hazlewood karena dianggap sama dengan lagu “The Air That I Breathe” pada 1974.

Radiohead sendiri mengakui adanya kesamaan antara dua melodi lagu dan struktur akord. Alhasil,  Albert Hammond dan Mike Hazlewood didaftarkan sebagai penulis lagu Creep sehingga berhak mendapatkan royalti.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah