Elon Musk Perkenalkan Robot Tesla Optimus, Bisa Jalan & Angkat Beban

62

Elon Musk memperkenalkan robot Tesla Optimus yang dapat berjalan tanpa bantuan pada Tesla’s AI Day. Nantinya, robot Tesla Optimus akan diproduksi untuk umum dan dijual sekitar Rp 305,9 jutaan.

Pembuatan robot humanoid-nya sebetulnya telah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu. NAmun, akhirnya prototipe awal robot Tesla Optimus diperkenalkan dengan dapat beroperasi secara independen berkat kecerdasan buatan yang disematkan.

Robot Tesla Optimus disebut dapat memahami perintah verbal kompleks dari manusia. Selain itu, obot ini bisa berjalan tanpa bantuan meskipun masih lambat dikarenakan sedang dalam tahap pengembangan.

“Namun saya pikir, Tesla Optimus akan berjalan dalam beberapa minggu ke depan. Kami ingin memperlihatkan kepada Anda, robot yang sebenarnya sangat dekat dengan apa yang akan diproduksi,” kata Elon Musk.

“Tujuan kami membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin. Kami juga merancangnya menggunakan disiplin yang sama dengan yang kami pakai dalam mendesain mobil, yakni membuat robot dalam jumlah banyak dengan biaya rendah namun punya keandalan lebih tinggi.” ujarnya.

Dilansir dari Gizchina, Senin (3/10/2022), Elon Musk mengatakan, robot Tesla Optimus akan memiliki tangan seperti manusia. Optimus dapat berjalan dengan kecepatan 5 MPH serta bisa mengangkat beban hingga 45 pon (setara 20kg)

Robot Optimus Tesla memiliki tinggi 6 kaki atau 182,8 cm dan berat 125 pon atau 56,6 Kg. Elon Musk mengungkap bahwa nantinya  Tesla Optimus akan diproduksi secara massal, dengan harga di bawah USD 20.000 (setara Rp 305,9 jutaan).

 

Penulis: Rifqi Fadhillah