FIFA Bekukan Sepak Bola India, Ini Alasannya!

30

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) baru-baru ini telah membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/8). Hal ini dikarenakan adanya intervensi dari pihak ketiga yang melanggar Statuta FIFA.

AIFF harus menerima sanksi dibekukan oleh FIFA yang telah diumumkan melalui situs resmi dari Federasi Sepakbola Dunia tersebut. AIFF dibekukan setelah pengadilan tertinggi India membubarkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) pada Mei dan menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk mengatur Federasi tersebut.

Intervensi dari pengadilan tinggi India ini dinilai telah melanggar Statuta FIFA. Akhirnya FIFA resmi membekukan AIFF dan akan mencabut hukuman apabila pembentukan komite administrator dicabut.

“Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dikutip dalam rilisnya di situs resmi.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,,” tulis FIFA menambahkan.

Akibat dari hukuman ini, timnas India pun gak bisa untuk berlaga dalam turnamen yang diadakan oleh FIFA. Salah satunya Piala Dunia Wanita U-17 2022 yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022 dipastikan batal digelar di negara tersebut.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah