“Folklore”, Album Streaming Debut Terbesar di 2020!

345
0

Belum genap seminggu dirilis, album kedelapan Taylor Swift, “Folklore”, sudah mencetak rekor.

“Folklore” tercatat sebagai album solo wanita dengan streaming terbanyak di Spotify.  Angka yang dicatat adalah sebanyak 80.6 juta streams dalam waktu 24 jam.  Rekor sebelumnya dipegang oleh Ariana Grande, yang mencatat angka 70.2 juta streams untuk album “Thank You, Next”.  Sebagai perbandingan, album ketujuh Taylor Swift, “Lover”, hanya mencetak angka 55 juta streams, di hari pertama dirilis.

Tidak hanya itu.  The Hollywood Reporter juga menyebutkan bahwa album tersebut terjual 1.3 juta kopi, hanya dalam waktu 24 jam.

Album terbaru ini dirilis Taylor Swift tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.  “Semua lagu di album ini adalah hasil renungan, keinginan dan impian saya,” katanya.  “Sebelum 2020, saya memikirkan kapan waktu yang tepat merilis album.  Tapi hidup mengingatkan saya bahwa tidak pernah akan ada waktu yang tepat.”

Taylor Swift Sutradarai Klip “Cardigan”

Single perdana yang dipilih dari album kedelapan ini adalah “Cardigan”.  Dalam klip lagu ini, Taylor bertindak langsung sebagai sutradara.  Syutingnya pun dilakukan ketika pandemi Covid-19 ini sedang terjadi.  Namun Taylor menyebutkan bahwa proses syuting tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Seluruh pengambilan gambar diawasi langsung oleh tim medis. Semua orang menggunakan masker, saling jaga jarak satu sama lain.  Saya bahkan menata rambut dan makeup sendiri untuk klip ini,” kata Taylor.

Dalam waktu tiga jam setelah diluncurkan, video musik “Cardigan” sudah ditonton lebih dari 1 juta orang.