Gong Xi Fa Cai!

651
0
IMLEK

 

Tahun Baru Cina atau Imlek telah tiba, seperti biasa pastinya banyak adat istiadat yang harus dilaksanakan. Salah satu adat istiadat yang ada di hampir semua kebudayaan dan semua orang suka adalah makan – makan. Nah dalam tradisi cina saat Imlek, untuk makan – makan juga ada aturannya.

Makanan yang disajikan wajib terdiri dari 12 macam masakan dan 12 macam kue. Ini melambangkan 12 macam Shio. Semua makanan tersebut kemudian didoakan bersama. Masing-masing makanan juga punya makna tersendiri, misalnya Siu Mie melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit melambangkan rejeki yang berlapis-lapis, Ikan sebagai simbol air, serta Bebek atau Ayam utuh sebagai lambang untuk udara.

Nah selain itu ada juga makanan yang pantang disajikan apalagi dimakan saat Imlek tiba, yaitu bubur! Karena dianggap sebagai simbol kemiskinan. Pantangan lain adalah membalik ikan saat makan, jadi kalaupun ingin mengambil daging pada sisi lain ikan, posisinya harus tetap dipertahankan. Ikan itu juga tidak boleh habis, tapi disisakan untuk acara makan besok demi melambangkan nilai surplus untuk tahun berikutnya.

Nah, Hard Rockers Berani ga ngajak makan bubur waktu Imlek? Meskipun buat sarapan yaa….

Source: kompas.com dan diRadio edisi20 Rhythm Of Love