Good Actors, Bad Movies

1018
0
nicolas cage

Semakin tenar suatu aktor, seharusnya semakin selektif. Soalnya, dia kan bisa memilih mau main di mana dan jadi apa. Tapi, tetap ada sih aktor-aktor yang entah iseng atau memang terlalu cuek. Saking cueknya, mereka mungkin nggak sadar kalau film yang mereka mainkan malah mempermalukan mereka sendiri.

Nah, siapa dan apa saja sih, aktor papan atas yang memainkan film kelas C-D?

1. Matt Damon – Elysium

Betapa kerennya lirikan mata Matt Damon di The Bourne [dan aktingnya juga, sih]. Tapi, kedua hal ini nggak akan kita dapatkan di Elysium. Pasalnya, selain film yang nggak jelas ke mana arahnya [science-fiction nanggung, drama nanggung, plot menyebalkan], Damon juga terlihat setengah-setengah dalam berakting. Coba deh lihat betapa Damon terlihat sedang main drama di atas panggung perpisahan SMU. Kemarahannya tidak total, begitu juga air muka yang ia tampakkan saat bersedih.

Selain itu, mencuri data dari otak dengan kabel serupa kabel mainan anak-anak? Entah apa yang ada di pikiran penulis sutradara dan skenario Elysium,.

2. Nicolas Cage – Ghost Rider

ghost rider spirit of vengeance new poster

Nggak perlu ditanya lagi. Ghost Rider mau mengikuti supranatural, tapi gagal total. Mulai dari iblis yang sama sekali tidak mengerikan, dan cerita yang datar. Apa yang akan Hard Rockers lakukan kalau ditinggal kekasih selama berbelas-belas tahun, tanpa kabar yang jelas? Mungkin Hardrockers bakal membunuhnya. Tapi, logika sederhana semacam itu tidak berlaku ya, di Ghost Rider.

Oh ya, ada adegan silly. Yakni ketika Johnny Blaze [Nicolas Cage] akan beraksi mengendarai motor di atas helikopter. Mau terlihat cuek, tapi malah jadi menggelikan.

3. The Smiths – After Earth

After-Earth-7

Ini bukan nama band. Tapi, nama pasangan ayah anak Will dan Jaden Smith. 

M. Night Shyamalan memang punya track record yang buruk sebagai sutradara. Setelah The Sixth Sense, film Shyamalan seperti mempermalukan dirinya sendiri. Contohlah The Happening, The Last Airbender, dan After Earth.

Sebetulnya premis cerita After Earth bagus. Dua ayah dan anak manusia, yang terdampar di bumi yang telah terkena radiasi. Pada saat itu, manusia hidup di planet galaksi lain yang jauh lebih asri. Diceritakan bahwa, bumi saat itu sudah tak lagi seperti bumi yang kita diami saat ini. Udaranya beracun, iklim berubah dengan sangat cepat dan ekstrem, binatangnya buas, dan pasukan oksigen tidak ada.

Tapi entah mengapa dengan keadaan seperti itu, masih banyak tumbuhan dan hewan [yang masih kalah buas dibanding buaya] yang masih bisa hidup di bumi. Selain itu, alih-alih menyentuh, hubungan ayah-anak dalam film ini malah terkesan ‘menye-menye”

4. Dakota Fanning – The Twilight Saga

MV5BMTcyMzUyMzY1OF5BMl5BanBnXkFtZTcwNDQ4ODk1OA. V1 SX214 AL

Tidak perlu diceritakan betapa menyebalkannya film-film Twilight. No Wonder, kalau banyak orang yang membuat meme dengan kata-kata penuh hinaan.

Well, kita tidak perlu membahas tokoh utamanya yang facepalm dan berkilau-kilau ya. Bagaimana bila kita membahas Jane, vampir jahat yang diperankan Fanning? Sebetulnya akting Fanning di New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn cukup baik. Aura jahatnya pun terlihat. Tapi percuma bukan, menghias sesuatu yang dari sananya memang sudah gagal total? « [teks @intankirana| foto IMDB]