Harga Tiket Pulau Komodo Rp 3,75 Juta, Dapat Apa?

76

Belakangan jadi kontroversi terkait harga tiket ke Pulau Komodo mencapai Rp 3,75 juta per orang. Kebijakan ini mulai ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 1 Agustus 2022.

Banyak orang hingga penduduk lokal protes terhadap mahalnya harga tiket Pulau Komodo. Namun, yang jadi pertanyaan adalah dapat apa saja wisatawan dengan harga Rp 3,75 juta per orang ke Pulau Komodo?

Tiket Berlaku Setahun

Tiket ke Pulau Komodo dan Pulau Padar senilai Rp 3,75 juta per orang ini dapat digunakan oleh wisatawan selama setahun. Diunhkap oleh Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di Taman Nasional Komodo, Carolina Noge bahwa harga tersebut telah dihitung dari harga tiket Taman Nasional Komodo yang per harinya mencapai Rp 300 sampai Rp 500 ribu.

“Jadi (tarif) ini kan setahun, kayak Rp 15 juta dibagi setahun atau 12 atau 3,75 dibagi 12,” ucap Caroline.

Termasuk Trekking, Diving, Snorkeling & Outbound

Biaya sebesar Rp 3,75 juta ini gak hanya untuk masuk Taman Nasional Komodo aja. Tapi, wisatawan juga bisa menikmati trekking, diving, snorkeling memancing & outbound.

“Kalau misalnya karcis masuk wisatawan asing sekian, wisatawan nusantara sekian, terus trekking, pengamatan kehidupan liar, diving, snorkeling, memancing, outbound, belum foto, belum kapal masuk, harus dikenakan biaya, belum lagi kalau penelitian dan sebagainya, pasang drone dan lain-lain itu ada biayanya. Itu yang diakumulasikan komponen biaya itu,” ujarnya.

Kontribusi Konservasi

Dengan biaya yang dikeluarkan oleh wisatawan turut membantu konservasi di Pulau Komodo. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dengan salah satu satwa endemik Indonesia.

“Kemudian di dalam (komponen biaya) itu ada bentuk apresiasi yang kita berikan karena sudah berkontribusi lebih. Kita menyebut teman-teman yang berkontribusi sebagai protector of komodo. Kalian mau memberikan kompensasi lebih, mau peduli. Tak peduli bicara kaya atau miskin, tetapi care atau engga (dengan komodo),” papar Carolina.

Difasilitasi Service Baggage Clain & Shuttle Transport

“Berbagai fasilitas yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kita kasih service baggage claim, shuttle transport dengan mitra-mitra hotel terpilih. Suvenir juga termasuk di dalamnya,” ucap Carolina.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah