Harper’s Bazaar Asia Newgen Fashion Award Nobatkan Pemenang!

537
0

Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) kembali diadakan ditengah pandemi Covid-19.  Siapa menyusul Peggy Hartanto, Wilsen Willim, Andandika Surasetja, Kelly Valerie dan Dea Yuliana mendapatkan gelar prestisius tahun ini?Ajang kompetisi desainer muda dari Harper’s Bazaar kembali digelar.  Acara yang diadakan rutin sejak 2013 di kawasan Asia ini kembali hadir di tahun 2020 dengan format virtual.  Masih mengusung misi yang sama, yaitu mencetak bakat-bakat baru dalam industri fashion.

Di Indonesia, ANFA telah melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, seperti Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, William Utama dan Wilsen Willim di tahun 2016, Michelle Kristiani Tjong dan Alifia Maqnuum di tahun 2017, Andandika Surasetja dan Frederika Cynthia Dewi di tahun 2018, hingga Kelly Vallerie dan Dea Yuliana di tahun 2019.

Kelly Valerie/Bazaar Indonesia

Kelly Valerie yang menjadi pemenang Grand Final ANFA 2019 menyebut acara ini sebagai pengalaman berharga.  “Mewakili Indonesia dan terpilih jadi pemenang di tingkat regional merupakan prestasi terbesar saya sejauh ini,” tambah Kelly.  “Adalah kesempatan emas untuk bisa bertemu dan mendapat feedback dari juri senior dan internasional.”

Cinematic Virtual Fashion Awards

Memasuki tahun ketujuh, ANFA tetap digelar di tengah pandemi Covid-19.  Kali ini ANFA hadir dengan format alternatif dengan visualisasi berupa visual motion.  Acara ini ditampilkan secara live streaming di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia pada 8 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB. Cinematic Virtual Fashion Show ini merupakan hasil kolaborasi dengan multimedia artist, Eldwin Pradipta.

Koleksi Stefani Evelyn (Sevelyna)/ANFA2020

Hasil kurasi dari para juri, terpilih dua pemenang yaitu Denniel Richard melalui label Tanah Le Sae dan Stefani Evelyn dengan label Sevelyna.  Pemenang ANFA 2020 mendapatkan beberapa hadiah menarik, seperti beasiswa 330 jam di Moda Burgo Indonesia, dan pembuatan koleksi kapsul eksklusif oleh JD.ID.  Keduanya juga akan mewakili Indonesia di tingkat regional.  Terpilih juga Alyza Bachmid sebagai pemenang favorit yang mendapatkan hadiah voucher belanja senilai sepuluh juta Rupiah.

Koleksi Denniel Richard (Tanah Le Sae)/ANFA2020

Tahun ini, ANFA 2020 mengusung tema Sustainability. Tema ini diambil untuk mengedepankan keperdulian terhadap lingkungan dengan mengurangi limbah fashion. salah satunya dengan caraupcyling, dan merombak busana yang tidak terpakai menjadi koleksi busana baru.

Tahun ini, para finalis mendapat arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global dari para juri.  Sosok terkemuka yang mengisi bangku juri di antaranya Christine Barki (Head of Fashion & Toys, Home Living Beauty and Sports Business Unit JD.ID), Stephanie Susilo (Head of Fashion and Toys Category JD.ID), Didi Budiardjo (Fashion Designer), Jeremy Quek (Commercial Director PT. Sri Rezeki Isman TBK), Ria Juwita (Event Promotion Senior Manager & Creative Services PT. Plaza Indonesia), Sebastian Gunawan (Fashion Designer), Ria Lirungan (Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia), dan Michael Pondaag (Head of Stylist Harper’s Bazaar Indonesia).

Diharapkan ANFA Indonesia akan terus menjadi ajang untuk menemukan desainer-desainer muda berbakat serta membawa industri kreatif Indonesia ke dunia internasional.