Ini Alasan Film Lightyear Belum Tayang di Bioskop Indonesia

71

Pihak Lembaga Sensor Film (LSF) Republik Indonesia angkat bicara terkait film Lightyear yang hingga kini belum tayang di Indonesia. Disebutkan, Disney belum menyetor berkas film Lightyear kepada LSF.

Seperti diketahui, film Lightyear mendapat sorotan dikarenakan ada alah satu adegan dalam film “Lightyear” menampilkan karakter LGBT yang berperan sebagai rekan Buzz ketika menjadi space ranger. Hal ini pun membuat film Lightyear batal tayang di 14 negara kawasan Asia dan Timur Tengah.

Termasuk halnya di Indonesia, film Lightyear juga hingga sampai saat ini belum tayang di bioskop Tanah Air. Padahal, sebelumnya dijadwalkan film Lightyear tayang di bioskop Indonesia pada 15 Juni 2022.

Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia memberikan penjelasan alasan mengapa film Lightyear belum tayang di sejumlah bioskop Indonesia. Dikatakan pihak Disney belum memberikan berkas film Lightyear untuk mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) agar bisa tayang di bioskop.

“Sampai hari ini, pihak Disney masih belum mengirim file-nya untuk disensorkan ke LSF secara komprehensif, yang mana itu termasuk subtitle dan lain-lain,” ujar Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto dilansir dari CNNIndonesia.com.

“Jadi karena belum ada Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) dari LSF, maka tentu filmnya belum bisa tayang,” sambungnya.

Selain di Indonesia, film Lightyear juga dilarayng tayang di negara tetangga Malaysia. Arab Saudi menjadi negara pertama yang melarang penayangan film “Lightyear” di bioskop negara mereka.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah