Ini Tips Agar Gak Tumbang Meski Begadang Nonton Piala Dunia 2022

49

Demam Piala Dunia 2022 saat ini sedang melanda di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Laga Piala Dunia 2022 yang dimulai dari malam hari hingga dini hari, membuat para penggemar bola harus rela begadang untuk menikmatinya.

Begadang sendiri sebenarnya gak baik buat kesehatan. Apalagi begadang di malam hari dilakukan, meskipun besok harus beraktivitas kembali.

Ada cara yang bisa lo gunakan agar tetap bisa begadang untuk menonton Piala Dunia 2022. Tips ini diberikan oleh Dokter spesialis kedokteran olahraga dr Andhika Raspati, SpKO.

Dokter Andhika mengatakan bahwa memang waktu tidur gak bisa digantikan meskipun telah minum obat-oabatn. Manusia normalnya tidur di atas 7 jam, apabila kurang dari 7 jam maka bisa berakibat fatal untuk tubuh.

“Jadi, tidur itu hal yang tidak tergantikan oleh apapun, tidak bisa hanya dengan minum vitamin,” kata dr Dhika, dilansir dari detikcom.

“Bahkan penelitian mengatakan orang yang orang tidur di bawah 7 jam di malam hari, berisiko mengalami penyakit jantung,” sambung dia.

Salah satu cara untuk mensiasati ketika sedang begadang menonton Piala Dunia adalah memaksimalkan kualitas tidur meski sedikit. Caranya ialah dengan mematikan lampu TV dan handphone sebelum tidur.

“Selama World Cup 2022 berlangsung dan kita harus ‘mengorbankan’ tidur malam kita, bisa dimaksimalkan dengan yang lain seperti makannya dijaga,” kata dr Dhika.

“Selain itu, kita juga harus bikin tidur yang waktunya hanya sedikit itu dimaksimalkan kualitasnya. Seperti lampunya dimatiin, TV mati, nggak ada suara, dan matikan handphone. Jika World Cup selesai, kembalikan lagi jam tidur seperti semula,” pungkasnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah