Inilah Alasan Warga Canggu Bikin Petisi untuk Jokowi

36
Inilah Alasan Warga Canggu Bikin Petisi untuk Jokowi

Baru-baru ini publik diramaikan dengan kabar warga Canggu, Bali yang membuat petisi berjudul End Extreme Noise in Canggu.

Pembuat petisi Basmi Polusi Suara di Canggu ialah P Dian. Alasan utama petisi itu dibuat dikarenakan keberatan dengan gangguan suara bising dari bar maupun club yang ada di Canggu, Bali yang terdengar sampai pukul 4 pagi.

Inilah Alasan Warga Canggu Bikin Petisi untuk Jokowi

Menggangu kenyamanan warga sekitar

Faktor lain yang menyebabkan petisi dibuat adalah terdapat bar-bar dan club-club yang tidak mengindahkan meski telah ditegur keras oleh pihak Satpol PP, karena menyebabkan suara bising yang mengganggu warga bahkan sampai pagi hari.

Merusak nilai budaya Bali

Selain itu, P Dian merasa heran dengan lokasi club yang dibangun di Canggu terlalu dekat dengan pura, bahkan pura yang sakral dan suci seperti Pura Kahyangan. Turis-turis juga kerap membuat masalah dari mulai perkelahian, kebut-kebutan, sampai menimbulkan kecelakaan yang memakan korban setelah pesta.

Menimbulkan masalah lingkungan

Bukan hanya soal moral dan menggangu nilai-nilai budaya, beberapa bar yang berdiri di daerah pantai dianggap menimbulkan masalah lingkungan, karena terlalu dekat dengan laut. Menurut P Dian, sisa sampah pesta di beach club berserakan di laut hingga mengotori laut.

Inilah Alasan Warga Canggu Bikin Petisi untuk Jokowi

Diketahui P Dian juga menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan Bupati Kabupaten Badung I Nyoman Giri Prasta, Kepala Satpol PP Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi, bahkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Baca Juga: Zodiak-Zodiak Ini Ternyata Dikenal Matre

Bagaimana tanggapan lo Hard Rockers soal petisi Canggu ini?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto