Instalasi Karakter “COMPANION” KAWS Di Depan Rockefeller Center

334
0
Instalasi Karakter “COMPANION” KAWS Di Depan Rockefeller Center

Patung setinggi lima meter karakter “COMPANION” ini dipajang dalam rangka pameran KAWS “WHAT PARTY” yang berlangsung hingga bulan September di Brooklyn Museum.

Instalasi Karakter “COMPANION” KAWS Di Depan Rockefeller Center

Instalasi ini disebut dengan “SHARE” yang dimana karakter “COMPANION” sedang menggandeng patur miniatur pink “BFF”. Bisa dibilang tiruan Elmo berbulu ini pertama kali diperkenalkan oleh seniman pada tahun 2016 yang ditandakan dengan mata yang tercoret (X).

Karya seniman Brian Donnelly (aka. Kaws) ini diletakkan di salah satu bangunan iconic di New York.

“Mengunjungi Rockerfeller Center waktu kecil dan terkagum saat melihat keatas, saya ingin karya saya dapat menciptakan perasaan itu,” kata Kaws.

Baca juga: Idris Elba Jadi Knuckles di Film “Sonic the  Hedgehog 2”

Instalasi Karakter “COMPANION” KAWS Di Depan Rockefeller Center

Sejak pandemi yang memaksa kita untuk di dalam ruangan, “SHARE” ini mencerminkan rasa takut dan terisolasi yang kita rasakan selama ini dan “BFF” hadir untuk memberikan rasa nyaman yang kita cari.

Dilansir dari Artnet, “KAWS telah menciptakan bahasa universal bagi siapa saja yang berinteraksi dengan sosoknya yang lansung dikenali,” kata E. B. Kelly, Direktur Pelaksana Tishman Speyer yang mengawasi Rockefeller Center, dalam sebuah pernyataan.

“Dengan pembukaan tempat di kota dan keluar dari situasi tahun lalu, saya rasa ini saat yang tepat untuk menampilkan public art,” tambah Kaws.

Yang memotivasi Kaws untuk membuatnya adalah menurutnya komunikasi dan dialog dengan orang lain dan memiliki kesempatan untuk menempatkan karyanya ke dunia yaitu optimis, pribadi dan mengundang.

“KAWS:SHARE” ditampilkan di Rockefeller Center, 45 Rockefeller Plaza, New York, 11 Agustus sampai 8 Oktober 2021.

 

Penulis: Aurel Larasati