iPhone Generasi Pertama Laku Terjual Rp 607 Juta

40

Gadget iPhone generasi pertama mungkin bagi sebagian orang udah gak ada nilainya. Namun, berbeda halnya dengan kolektor yang banyak memburu iphone generasi pertama hingga rela mengeluar uang hingga ratusan juta.

Dalam sebuah acara lelang iPhone generasi pertama yang Apple luncurkan pada 2007 terjual seharga USD 39.340 atau sekitar Rp 607 juta. Harga fantastis ini jauh melebihi generasi terbaru iPhone 14 yang dijual kisaran USD 799 (Rp 12 jutaan).

“Segelintir kolektor yang tertarik membuat harga iPhone melambung dari USD 10.000 hingga ke nilainya saat ini,” ungkap Mark Montero, pendiri LCG Auctions.

Menariknya, iPhone generasi pertama dari Apple itu masih disegel seperti baru. Dulu, harga iPhone tersebut ketika pertama kali dirilis pada 2007 seharga USD 499 untuk versi 4GB dan USD 599 untuk model 8GB.

“Kolektor dan investor akan kesulitan menemukan contoh yang unggul. Relevansi dan kelangkaan merupakan formula kemenangan untuk koleksi merah panas ini,” tulis daftar pelelangan tersebut seperti dikutip dari TechSpot, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Nama Indonesia Disebut di Album Terbaru Red Hot Chili Peppers

Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama pada 9 Januari 2007, belum ada smaprtphone yang sama bentuknya seperti iPhone. Hal inilah yang membuat nilai iPhone jauh lebih tinggi dibanding smartphone lainnya ketika itu.

“(IPhone adalah) salah satu penemuan paling penting dan ada di mana-mana dalam hidup kita,” kata LCG dalam deskripsinya. “(Itu) dinobatkan sebagai Time Magazine Invention of the Year pada 2007.”

 

Penulis: Rifqi Fadhillah