Java Rockingland 2013 Day 1

426
0
20130622 222306

Event tahunan yang sempat batal di tahun lalu akhirnya kembali digelar tahun ini. Java Rockingland, pesta tahunan para pecinta genre musik rock -pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 lalu- kali ini memasuki bagian ketiga dari sebuah festival yang menghadirkan banyak sekali band-band rock papan atas berskala Internasional. Event yang sempat batal diadakan tahun lalu, kini berhasil mendatangkan band-band lawas yang pastinya ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar setianya.

Di hari pertama, 22 Juni 2013 bertepatan dengan ulang tahun Jakarta ke 486, Java Rockingland atau yang biasa disingkat dengan JRL kali ini banyak mendatangkan band-band asal Amerika Serikat. Adapun line-up artist di hari pertama ini diisi oleh Sixpence None The Richer, Collective Soul, Suicidal Tendencies, serta Hellogoodbye yang mengisi stage utama di kemeriahan JRL 2013. Efek Rumah Kaca, Sore, Gugun Blues Shelter serta band-band rock asal Indonesia juga mengisi keseruan hari itu.

Suasana mulai meriah memasuki pukul setengah sembilan malam, dimana grup band beraliran trash metal, Suicidal Tendencies berhasil menggebrak panggung utama Java Rockingland di Pantai Karnaval, Ancol. Kemudian di penghujung pertunjukannya, Mike Muir sang vokalis mengajak para penonton untuk naik ke atas panggung dan foto bersama. Satu kata, cool!

Suicidal Tendencies

Dari band metal, menuju ke Sixpence None The Richer yang bergenre pop-rock. Leigh Nash muncul dengan maxi dress berwarna hijau bunga-bunga, saat itu tampak seperti ibu rumah tangga yang sudah lama ingin menyalurkan hobby lamanya, bernyanyi. Tapi, kualitas suara sudahnya tidak bisa diragukan lagi, tetap mempesona dengan cengkok khasnya. Membawakan kurang lebih 14 lagu diantaranya Kiss Me, There She Goes dan juga End Of The World, romantis!

Jeda beberapa saat, band era 90-an, Collective Soul juga tidak kalah berhasil membuat seluruh pengunjung Java Rockingland berebut untuk menyaksikan pelantun hits ‘Run‘ ini dari barisan paling depan. Yang menarik, saat tepat pukul 12 malam, saat itu bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta. Seketika itu juga ledakan kembang api muncul tidak jauh dari lokasi JRL, tidak heran karena perayaan HUT Jakarta diadakan juga di kawasan tersebut. Ed Rolland sang vokalis sempat menunda sesaat penampilannya untuk menyaksikan meriahnya kembang api dari kejauhan dan tidak lupa mengucapkan “Happy Birthday Jakarta!“.

20130623 000422

Collective Soul

JRL hari pertama ditutup oleh penampilan Koil dan Hellogoodbye dari dua stage yang berbeda. Hellogoodbye band asal California, Amerika Serikat juga tidak ketinggalan membuat suana JRL menjadi semakin meriah. Musik dan lirik nya yang romantis membuat kesan tersendiri di JRL tahun ini. Forrest Kline sang vokalis pun cukup atraktif berinteraksi dengan para penonton yang hadir. Lagu-lagu di album kedua mereka, ‘Would It Kill You?‘ sepertinya menjadi yang paling banyak dibawakan saat itu. Lagu-lagu seperti ‘Baby It’s Fact‘ dan ‘Oh, It’s Love‘ dari album ‘Zombies! Aliens! Vampires! Dinosaurs!‘ punya lirik yang cocok bagi Hard Rockers yang datang berpasangan, lagunya yang sing-a-long langsung membuat penonton yang datang ikut bernyanyi bersama.

20130623 004857

Hellogoodbye

Hari pertama di Java Rockingland cukup sukses, walaupun menurut banyak orang event kali ini lebih “sepi” dari tahun-tahun sebelumnya.

To be continued..