Lagi! Terobosan Baru Elon Musk Akan Hadirkan Akun Centang Emas dan Abu-Abu

45
Lagi! Terobosan Baru Elon Musk Akan Hadirkan Akun Centang Emas dan Abu-Abu

Elon Musk selaku pemiliki baru Twitter lagi-lagi mengungkapkan terobosan barunya terkait rencana untuk meluncurkan akun centang emas dan abu-abu yang sebelumnya hanya ada centang biru.

Melalui laman berita AFP, peluncuran tanda verifikasi akun itu dijadwalkan akan dirilis pada Jumat, minggu depan Hard Rockers. Elon Musk menjelaskan bahwa warna tanda akun verifikasi itu disesuaikan dengan fungsinya.

Lagi! Terobosan Baru Elon Musk Akan Hadirkan Akun Centang Emas dan Abu-Abu

Centang emas nantinya akan disematkan pada akun perusahaan yang telah terverifikasi. Sementara centang abu-abu untuk badan dan lembaga pemerintah, serta biru untuk individu.

“Centang emas untuk perusahaan, centang abu-abu untuk pemerintah, biru untuk individu (baik selebriti atau bukan) dan semua akun terverifikasi akan diautentikasi secara manual sebelum centang diaktifkan,” kata Elon Musk.

Disisi lain, Musk juga mengatakan mengenai semua akun individu yang telah diverifikasi akan memiliki centang biru yang sama. Namun, untuk beberapa akun bakal mendapatkan logo kecil. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengguna milik suatu organisasi jika diverifikasi oleh organisasi terkait.

Lagi! Terobosan Baru Elon Musk Akan Hadirkan Akun Centang Emas dan Abu-Abu

Elon Musk memang sering membuat kebijakan-kebijakan baru setelah mengakuisisi Twitter. Seperti misalnya biaya berlangganan USD $8 per bulan bagi yang ingin mendapat logo centang biru. Centang biru itu sebelumnya tersedia gratis bagi organisasi dan tokoh masyarakat sebagai upaya untuk menghindari duplikasi identitas dan informasi keliru.

Pada bulan November, kebijakan biaya berlangganan centang biru itu membuat sejumlah akun bodong bermunculan dengan meniru para pemimpin dunia, selebritas, maupun perusahaan. Akibatnya, banyak netizen yang terkecoh.

Merespon kejadian itu, Musk menangguhkan peluncuran hingga 29 November. Dirinya lalu memundurkan lagi kebijakan tersebut hingga kini biaya berlangganan itu diduga bakal diluncurkan pada 2 Desember mendatang.

Baca Juga: Antonio Banderas Siap Perankan Zorro Lagi Apabila Ada Tawaran

Bagaimana tanggapan lo soal rencana baru Elon Musk untuk Twitter ini Hard Rockers?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto