Lawan Hoaks, X Luncurkan Fitur Community Notes

144
Lawan Hoaks, X Luncurkan Fitur Community Notes

Fitur Community Notes baru aja diluncurin oleh Twitter atau X untuk mengecek fakta dari postingan para pengguna. Fitur ini dirilis X buat mencegah adanya postingan hoaks yang banyak beredar di media sosial.

Dalam upayanya buat melawan hoaks, platform X ngeluncurin Community Notes. Fitur yang dulunya bernama Birdwatch ini bisa digunain oleh pengguna untuk ngecek fakta dari tweet yang dicurigain.

Cara ngegunain fitur ini adalah dengan mendaftar program Community Notes untuk gabung sebagai kontributor. Kontributor Community Notes nantinya bisa menulis dan menilai catatan di postingan lain.

“Catatan yang ditulis pada video akan otomatis ditampilkan pada postingan lain yang berisi video sesuai. Cara sangat skalabel untuk menambahkan konteks ke klip diedit, video dihasilkan oleh AI, dan banyak lagi,” tulisnya di akun resmi @Community Notes.

Catatan dengan rate tinggi bakal disematin sebagai konteks pada postingan biar semua pengguna Twitter dapat ngeliat. Pengguna akan dinilai dari kiriman dan masukan mereka.

Sebelum nulis Catatan Komunitas, pengguna harus nambahin catatan asli mereka di Twitter dulu. Buat nambahin Catatan Komunitas pengguna harus memiliki Writing Impact Score sebesar 10.

Dilansir laman resmi Twitter, Community Notes merupakan cara kolaboratif buat nambah konteks pada tweet dan mastiin setiap orang dapat informasi yang tepat atau mencegah adanya berita hoaks.