Longsor Hebat Menghantam Swiss-Italia

916
0
longsor

Alam memang mengejutkan. Ia dapat memberi kita kehidupan, tetapi juga secara tiba-tiba menghancurkan kita. Terlebih pada musim-musim akhir tahun, semacam musim hujan dan musim salju. Kemarahan alam bisa begitu dahsyat dan dapat memakan korban jiwa.

Well, stereotip apa yang muncul di kepala Anda saat mendengar tentang negara Swiss dan Italia? Tentunya lansekap nan indah dan asri, dengan sentuhan budaya-budaya khas Eropa pada setiap jengkal bangunan.

Namun, kecantikan dua negara ini rupanya tak mampu merayu alam untuk tidak marah. Karena pada hari Senin, 17 Desember 2014, bencana longsor terjadi di Ticino, bagian selatan Swiss dan bagian utara Italia. Dua negara yang saling berbatasan ini memang sudah dilanda hujan hebat beberapa hari sebelumnya.

Bencana longsor ini menyebabkan banyak rumah terkubur lumpur, serta menimbulkan korban jiwa. Menurut data dari tim penyelamat Ticino Swiss, empat orang ditemukan tewas lantaran terbenam lumpur di rumah mereka.

Dua di antaranya adalah seorang nenek dan cucunya yang masih kecil. Hingga saat ini, Swiss telah memberikan peringatan siaga satu kepada seluruh penjuru Swiss.  «[teks @intankirana/BBC | foto BBC]