Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara Mendapatkannya

111
Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara Mendapatkannya

Hard Rockers tahu enggak sih kalau rasa bahagia yang dirasakan manusia itu dipengaruhi oleh beberapa hormon. Hal tersebut karena hormon memiliki fungsi penting untuk mengatur suasana hati atau lebih dikenal dengan hormon bahagia. Hormon kebahagian ternyata bisa didapatkan lho, simak ulasan berikut ini.

Dopamin

Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara MendapatkannyaDopamin merupakan salah satu hormon yang membawa pesan berupa senyawa kimia pada otak dan mempunyai banyak fungsi, antara lain, motivasi, memori, dan mengatur gerakan tubuh. Beberapa cara untuk meningkatkan senyawa dopamin dalam tubuh adalah dengan cara makan enak, tidur cukup, banyak tertawa, olahraga dan meditasi.

Oksitosin

Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara MendapatkannyaOksitosin juga sering disebut sebagai hormon cinta yang memiliki peran penting dalam menjalani hubungan percintaan. Hormon ini bisa mampu meningkatkan kepercayaan diri, empati, mengurangi rasa sakit, mengurangi stres, dan membuat perasaan membaik. Cara mendapatkan hormon ini melalui sentuhan-sentuhan fisik seperti berpelukan, berbagi cerita, melakukan kebaikan, pijatan, dan aktivitas yang memacun adrenalin.

Serotonin

Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara MendapatkannyaSerotonin merupakan salah satu hormon penting dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Selain mengatur suasana hati, hormon ini juga berperan dalam kualitas tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar, dan memori. Cara mendapatkannya dengan kegiatan spiritualitas seperti berdoa dan beribadah, menikmati pemandangan, berjemur di bawah sinar matahari, olahraga, dan mengonsumsi makanan yang berprotein.

Endorfin

Mengenal Hormon Kebahagiaan dan Cara MendapatkannyaEndorfin adalah hormon yang berperan dalam meredakan rasa sakit yang menimbulkan rasa bahagia. Endorfiun secara alami akan tercipta dengan perasaan senang dan memuaskan diri seperti makan makanan enak, berolahraga, tertawa, mendengarkan musik, atau menonton film.

Baca Juga: Blick Blick Jadi Lagu Kolaborasi Coi Leray dan Nicki Minaj

Semoga bermanfaat Hard Rockers!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto