MENOLAK PUNAH!

1431
0
JaDul 2

 

Diramalkan akan punah karena teknologi digital yang terus berkembang, akhirnya radio dikukuhkan eksistensinya oleh PBB dengan perayaan World Radio Day yang pertama kali dirayakan serentak di seluruh dunia rabu 13 Februari 2013.

Badan PBB untuk pendidikan, organisasi, dan kebudayaan UNESCO, mengumumkan hal tersebut melalui siaran persnya, dengan ungkapan “transformational power of radio“, sesuai sidang umum ke-36 pada 3 November 2011 lalu. Tanggal 13 Februari dipilih sebagai hari peringatan radio sedunia karena menandakan diluncurkannya United Nations Radio pada tahun 1946. Ide awalnya datang dari Spanish Academy of Radio yang merupakan delegasi permanen UNESCO yang menganggap radio sebagai salah satu instrumen penting dalam perubahan sosial dunia.

Sejak pertama kali mengudara lebih dari 100 tahun lalu, radio menembus ruang dan waktu. Radio berada di medan perang, toko-toko kelontong, sampai kamar pribadi presiden-presiden dunia. Bahkan sejarah mencatat bagaimana radio berperan dalam penyebaran berita proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Viva RADIO day! Yuk dengerin radio!

 

Source: teknologi.kompas.com dan berbagai sumber