MotoGP San Marino 2022 Jadi Balapan Terakhir Dovizioso

24

MotoGP San Marino 2022 akan menjadi saksi pebalap Andrea Dovizioso memutuskan pensiun dari dunia MotoGP. Dovizioso akan menjalani balapan terakhirnya di MotoGP San Marino 2022 pada Minggu (4/9/2022).

Keputusan Dovizioso untuk memutuskan karirnya di MotoGP dikarenakan dirinya merasa gak mampu lagi bersaing. Pebalap asal Italia tersebut mengaku sudah kesulitan ketika mengendarai motor YZR-M1 setelah hampir satu tahun memperkuat tim satelit Yamaha.

Dari 18 balapan yang diikuti oleh Dovizioso bersama tim satelit Yamaha, ia gak penah masuk dalam 10 besar. Maka dari itu, Sirkuit San Marino dirasa bagi pebalap berusia 36 tahun tersebut sangat pas sebagai balapan terakhirnya di negaranya sendiri.

“Sayangnya, MotoGP telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan motor (YZR-M1),” kata Dovizioso dikutip dari MotoGP.

“Saya belum bisa memaksimalkan potensi motor YZR-M1 meskipun ada bantuan yang berharga dan berkelanjutan dari Yamaha. Saya sangat berterima kasih kepada Yamaha, WithU, para sponsor, dan seluruh tim saya yang telah terlibat dalam proyek ini,” kata Dovizioso.

“Kerja sama ini memang tidak berjalan sesuai harapan, tetapi itu benar untuk dicoba. Petualangan saya akan berakhir di Misano,” ucapnya.

Alhasil, fans MotoGP di Italia pun harus kembali kehilangan pebalap terbaiknya. Sebelum Dovizioso, legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi juga telah memutuskan pensiun pada musim lalu di Misanp World Circuit Marco Simoncelli.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah