Naik 12 Peringkat, Pariwisata Indonesia Terbaik ke-32 Dunia

102

Semenjak kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai membaik, sejumlah parawisata di Tanah Air pun kian ramai dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alam yang dimiliki sejumlah tempat tersembunyi di Indonesia memang sangat mempesona hingga diakui oleh dunia.

Baru-baru ini parawista Indonesia berhasil naik 12 peringkat berdasarkan indeks global dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dirilis World Economy Forum pada bulan Mei 2022. Sebelumnya, posisi Indonesia berada di peringkat ke-44.

Namun kini parawisata Indonesia berhasil melesat hingga menduduki posisi ke-32 dari total 117 negara. Prestasi ini pun merupakan angin segar menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, yang merupakan titik balik kembali berkembangnya pariwisata di Indonesia setelah pandemi Covid-19.

“Kenaikan 12 peringkat ini kita capai dengan pandemi Covid-19 yang harus kita lalui dengan begitu banyak kendala,” ujar Sandiaga, mengutip Antara.

“Di tengah badai pandemi, di tengah kesulitan yang kita hadapi, di tengah anggaran yang terus dikurangi, kita bisa meningkatkan indeks kita sebanyak 12 peringkat secara mantap dan signifikan,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk di kasawan Asia Pasifik, pariwisata Indonesia berhasil menembus peringkat 10 besar atau tepatnya di posisi kedelapan. Parawisata Indonesia mengalahkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

“Asia Pasifik merupakan kawasan dengan kinerja sektor pariwisata tertinggi kedua di dunia, dan Indonesia ada di posisi yang sangat bisa dikategorikan luar biasa,” ucap Sandiaga.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah