Pahami Gejala dan Penyebab Cacar Monyet!

105

Indonesia kini wajib mewaspadai penyakit baru yang mulai menjangkit masyarakat Indonesia, yakni cacar monyet atau monkeypox. Kementerian Kesehatan RI sendiri telah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet.

Diketahui, pertama kali ditemukan penyakit cacar monyet menyebar di wilayah Eropa. Namun kini cacar monyet telah menjangkit 15 negara di berbagai dunia, termasuk juga di Indonesia.

Hard Rockers gak perlu panik. Terdapat sejumlah gejala yang digolongkan sebagai suspek dan probable cacar monyet berdasarkan edaran dari Kementerian Kesehatan RI.

Untuk yang suspek cacar monyet adalah orang yang memiliki ruam akut serta satu atau lebih dari gejala. Berikut ini adalah gejalanya:

  • Sakit kepala
  • Demam akut di atas 38,5 derajat celcius
  • Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
  • Nyeri otot/Myalgia
  • Sakit punggung
  • Asthenia (kelemahan tubuh)

Sementara itu probabel adalah apabila seseorang memenuhi kriteria suspek dan punya satu atau lebih kriteria seperti punya hubungan epidemiologis seperti paparan tatap muka, kontak fisik langsung dengan kulit, kontak seksual, kontak dengan benda yang terkontaminasi seperti pakaian, tempat tidur atau peralatan pada kasus probable atau konfirmasi pada 21 hari sebelum timbulnya gejala

Gejala dari cacar monyet ini berlangsung 2 hingga 4 minggu. Apabila gak ditangani dengan baik maka bisa berakitbat batal hingga menyebabkan kematian.

“Penularan terjadi melalui kontak langsung dengan orang atau hewan yang terinfeksi. Bisa juga melalui benda yang terkontaminasi virus tersebut,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dikutip dari keterangan tertulis.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah