Pameran Seni Art Jakarta Kembali Hadir Agustus 2022 di JCC Senayan

36

Pameran seni kontemporer Art Jakarta akan kembali diadakan pada 26-28 Agustus 2022 mendatang di JCC Senayan, Jakarta. Beberapa seniman Indonesia maupun internasional akan turut meramaikan

Ini merupakan kedua kalina Art Jakarta akan digelar di tahun 2022. Sebelumnya, Art Jakarta diadakan pada April 2022 dengan mengusung konsep Art Jakarta Gardens,  di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta.

Art Jakarta Gardens menekankan karya patung dan instalasi di lingkungan taman,  serta tenda khusus yang ditempati 20 booth galeri seni terkemuka di Indonesia untuk memamerkan karya-karya seniman mereka.

Di bulan Agustus ini akan tersedia 62 galeri seni dari berbagai segmen di Art Jakarta 2022, seperti:

1. Art Jakarta Galleries 

Menjadi segmen utama Art Jakarta, segmen ini menghadirkan  62 galeri, dengan 39 galeri berasal dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara.

Adapun untuk negaranya sendiri terdiri dari Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang. Segmen ini menghadirkan berbagai galeri yang akan mempersembahkan berbagai karyanya, termasuk galeri baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya.

2. Art Jakarta Spot 

Segmen Art Jakarta Spot adalah platform untuk  mempresentasikan instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini. Tahun ini Art Jakarta Spot akan menghadirkan 15 karya seni yang telah terkurasi untuk dipamerkan di area publik.

3. AJX

Selanjutnya, ada segmen Jakarta Art Collaboration atau AJX yang merupakan koleksi karya yang merupakan kolaborasi Jakarta Art dengan sejumlah institusi atau perusahaan swasta.

AJX akan menjadi kesempatan bagi khalayak untuk menyaksikan banyak karya seni untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan berbagai. Salah satunya Mitra Utama, UOB Indonesia, dari kompetisi yang dihelat sejak 1982 UOB Painting of the Year.

Kolaborasi ini memamerkan karya-karya pemenang kompetisi Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir,  termasuk lukisan pemenang dari Indonesia tahun 2021, Meliantha Muliawan. Selain itu dihadirkan kolaborasi dari mitra kunci yakni Tumurum Museum, sebuah institusi yang mendukung edukasi seni akan memamerkan bagian dari koleksi eksklusifnya di VIP Lounge Art Jakarta, baik dari seniman maestro maupun seniman muda.

Ada pula kolaborasi Art Jakarta dengan Bibit, aplikasi investasi reksa dana yang akan mempersembahkan karya oleh Marco Cassani, seniman asal Italia yang tinggal di Bali.

Selain itu, ada pula kolaborasi dari Cohart, platform media sosial untuk menemukan karya lewat kurasi berbasis teknologi, akan mempertunjukkan proyek NFT berjudul The Art Yearbook.

4. AJ1

Segmen AJ1 adalah segmen baru yang menghadirkan pameran tunggal dari 10 seniman di 10 galeri, yakni dari galeri Indonesia dan internasional.

AJ1 akan memamerkan beragam presentasi untuk merangkum suara-suara dari kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

5. Bali Art Scene

Salah satu segmen terbaru  Bali Art Scene akan hadir di Art Jakarta, Kawan Puan. Segmen ini dipersembahkan untuk galeri-galeri Bali yang terdampak pandemi selama beberapa tahun terakhir.

Menyajikan seniman-seniman kontemporer Bali, egmen ini akan memungkinkan sekilas pandang pada apa yang sedang terjadi di kancah seni rupa Bali.6. ART Jakarta NFT . Segmen ini mengkhususkan untuk karya seni non fungible token (NFT) dan para komunitasnya.

Setelah pertama kali digagas dalam Art Jakarta Gardens, acara ini  akan diperluas lebih jauh dalam skala lebih besar agar kolektor NFT dan kolektor konvensional dapat berinteraksi dan berkumpul bersama.

Selain itu segmen ini juga bertujuan untuk mendukung dan mengedukasi masyarakat tentang karakter NFT.

7. Scene

Scene adalah segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba yang berbasis di luar Jakarta untuk menggalang dana.

Salah satu nilai yang dipegang oleh Art Jakarta adalah mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif dalam penggalangan dana, khususnya dari luar kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Segmen ini, antara lain, akan menyajikan merchandise dan publikasi.

8. Art Jakarta Play 

Art Jakarta Play dirancang khusus untuk menyediakan area bermain bagi anak-anak mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan.

Pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021, Meliantha Muliawan, secara khusus merancang ruang ini dengan tujuan memperkenalkan kesadaran akan lingkungan alam bagi anak-anak.

Untuk informasi tiket Art Jakarta 2022 lo bisa lihat di sini.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah