Pameran Survei Besar Karya Perupa Isabel & Alfredo Ditampilkan di Museum Macan

81
Pameran Survei Besar Karya Perupa Isabel & Alfredo Ditampilkan di Museum Macan

Pameran ‘Somewhere, Elsewhere, Nowhere’, nampilin instalasi berskala besar, patung, dan seni gambar yang telah dibuat selama lebih dari 20 tahun praktik kolaboratif dari pasangan Isabel dan Alfredo Aquilizan. Karya berskala besar dan ekspansif, ‘Somewhere, Elsewhere, Nowhere’ menggelitik rasa ingin tahu pengunjung lewat material yang sederhana dan mudah ditemuin.

Pameran Survei Besar Karya Perupa Isabel & Alfredo Ditampilkan di Museum Macan

Pasangan Isabel dan Alfredo dikenal lewat perspektif unik yang kerap kali berkisar pada lingkungan rumah dan keluarga, menggabungkan material-material yang mudah ditemukan sehari-hari ke dalam karya yang dibuat, dan menemukan cara di mana identitas dan sejarah terbentuk melalui perjalanan dan migrasi.

Karya Isabel dan Alfredo Aquilizan ngegunain ragam material yang sederhana dan mudah ditemuin seperti kardus, sandal jepit, sikat gigi, dan selimut. Benda-benda yang sarat akan aktivitas masyarakat, juga yang kerap digunain ketika bepergian.

“Kami sangat senang dapat membagikan karya-karya dari 20 tahun praktik kolaboratif kami di Museum MACAN, Jakarta. Kisah kami terinspirasi dari pengalaman bekerja di berbagai tempat, dengan beragam komunitas dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“Kolaborasi berperan besar dalam sejarah perjalanan kami, menjadi sumber inspirasi serta pengaruh penting dalam pengembangan praktik kami sebagai perupa. Karena ‘Somewhere, Elsewhere, Nowhere’ adalah tentang keterlibatan, kami sangat ingin melihat makna dari setiap karya berkembang dan berlipat ganda seiring dengan perjalanan karya-karya tersebut ke berbagai tempat.” kata Isabel dan Alfredo.

Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto berharap jika pameran ini dapat membuat orang-orang merefleksikan kembali kisah pribadi.

“Indonesia secara khusus memiliki peranan yang penting bagi Isabel dan Alfredo Aquilizan. Mereka telah membangun relasi yang kuat dengan beragam perupa dan skena artistik di Yogyakarta selama bertahun-tahun.” ucap Aaron Seeto.

“Kami bangga dapat menyelenggarakan pameran besar dari karya-karya mereka dan membagikannya kepada publik di Indonesia.”

“Saya yakin bahwa setiap material yang sederhana dan mudah ditemukan, seperti sendal jepit dan sikat gigi, mungkin dimiliki oleh setiap orang, juga instalasi yang dibuat dari kardus yang mendeskripsikan padatnya kondisi kehidupan perkotaan, akan menggugah imajinasi audiens kami di Indonesia.”

“Kami berharap pameran ini bisa membawa orang-orang untuk merefleksikan kembali kisah pribadi mereka, mungkin tentang transmigrasi, ataupun tentang perjalanan sehari-hari dan kisah-kisah kecil dari perjumpaan kita dengan orang lain.” ujarnya

Pameran Survei Besar Karya Perupa Isabel & Alfredo Ditampilkan di Museum Macan

Pameran ‘Somewhere, Elsewhere, Nowhere’ bakal berlangsung dari 24 Juni hingga 8 Oktober 2023. Tiket tersedia di www.museummacan.org/tickets dan melalui mitra tiket museum: GoTix, Tiket.com, dan Traveloka.