Penunjuk Jalan Terbaik, Google Maps atau Waze?

23
Penunjuk Jalan Terbaik, Google Maps atau Waze?

Aplikasi penunjuk arah atau navigasi kini menjadi suatu hal yang penting bagi pengemudi saat berkendara ke daerah baru.

Terdapat dua aplikasi penunjuk arah yang cukup populer di kalangan pengendara yaitu Google Maps dan Waze. Pasalnya, dua aplikasi ini dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Dengan kehadiran dua aplikasi tersebut membuat berkendara menjadi lebih praktis dan mudah.

Kali ini Hard Rock FM akan merangkum perbedaan Google Maps dan Waze

Basis aplikasi

Waze menggunakan basis komunitas yang dapat menyajikan informasi yang lebih lengkap. Pasalnya, pengemudi yang menggunakan Waze dapat memberitahu pengemudi lain tentang kondisi lalu lintas, kontrol polisi, dan sebagainya.

Penunjuk Jalan Terbaik, Google Maps atau Waze?
Sementara, Google Maps menggunakan pendekatan berbasis data. Dengan berbasis data, Google Maps dapat membaca kondisi lalu lintas dan semua titik data lainnya dan mengarahkan perjalanan dengan rute tercepat.

Navigasi

Waze akan terus menerus menganalisa kondisi terkini, sering mengubah rute di sepanjang jalan untuk membawa pengemudi ke tujuan secepat mungkin. Waze fokus terhadap dukungan navigasi ketika sedang mengemudi, termasuk informasi data real-time, lengkap dengan waktu perjalanan dan detail rute.

Penunjuk Jalan Terbaik, Google Maps atau Waze?

Sementara itu setelah pengemudi mengetikkan tujuan, aplikasi Google Maps menghitung rute terbaik bersama dengan informasi tambahan tentang waktu tempuh dan kemungkinan rute alternatif. Google Maps juga akan memberitahu pengemudi tentang rintangan, penutupan jalan, dan kemacetan lalu lintas yang harus dihindari di sepanjang jalan.

Data real-time

Waze secara keseluruhan dibuat berdasarkan informasi yang disediakan oleh komunitas. Hal ini membuat Waze dapat memberi penggunanya petunjuk arah yang lebih akurat, rute alternatif, bahaya jalan, dan insiden lalu lintas.

Google Maps di sisi lain juga mengandalkan data real-time lalu lintas dari penggunanya, tapi tidak memperlakukannya sebagai satu-satunya sumber informasi. Google Maps juga memanfaatkan data historis untuk memperkirakan kondisi jalanan tergantung pada waktu dan lokasi.

Baca Juga: Inilah Calon Aktor Pengganti James Bond, Siapa yang Paling Cocok?

Mana aplikasi penunjuk arah favorit Hard Rockers?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto