Perayaan Kolaboratif Desainer Indonesia di OPPO Bazaar Fashion Festival 2022

47

Harper’s BAZAAR Indonesia telah menghadirkan BAZAAR Fashion Festival (BFF) yang sempat vakum, antara lain karena pandemi panjang. Mempersembahkan OPPO BAZAAR Fashion Festival, tahun ini, BFF memberikan apresiasi kepada para desainer, brand, serta pegiat dan pelaku fashion tanah air.

OPPO BAZAAR Fashion Festival berlangsung pada tanggal 5 hingga 7 Agustus di Senayan City, di dua panggung: Main Stage dan White Space. Ini adalah pagelaran fashion kolektif pertama sejak pandemi. Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s BAZAAR Indonesia mengatakan, BAZAAR Fashion Festival (BFF) adalah signature event Harper’s BAZAAR Indonesia yang sejak awal (2013) bertujuan untuk mendukung fashion desainer dan fashion label Tanah Air.

White Space telah diperkenalkan pertama kali pada BFF 2014, di mana setiap desainer bisa berekspresi sebebas mungkin dalam mempresentasikan karyanya. Tahun ini, OPPO BAZAAR Fashion Festival mengusung tema kearifan lokal dengan mengundang desainer-desainer lokal dengan nama besar, yaitu Bin House, Ghea Fashion Studio, Ghea Resort by Amanda Janna, Hian Tjen, Klamby, Lulu Lutfi Labibi x HARA, Nada Puspita, Sapto Djojokartiko x THE GOOD THINGS, Sonderlab by Adrian Gan, Tangan x Anton Ismael, dan TOTON.

Acara ini menyediakan tempat sebagai ajang kolaborasi antara desainer terkenal dan desainer muda tanah air. BFF juga menjadi platform bagi label fashion untuk berinteraksi langsung dengan konsumennya melalui Pop Up Fashion Hub. Sebagian besar dari label tersebut memiliki stockist yang terbatas atau bahkan hanya bisa diakses melalui online.

Beberapa yang berpartisipasi adalah label-label: ANW, Rajnik, By Chapelet, Tanah Le Sae, Masshiro & Co dan masih banyak lagi. Masyarakat Indonesia memang makin membanggakan produk bangsa sendiri. Menurut survei Ipsos Global Trends 2021, di Indonesia 59% konsumen tidak setuju bahwa merek global memiliki produk lebih baik daripada merek lokal. Hal ini selaras dengan data pada survei yang sama bahwa 87% konsumen di Indonesia cenderung memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.

“Di antara sembilan show itu terdapat beberapa pagelaran kolaboratif. Seperti koleksi terbaru Sapto Djojokartiko yang berkolaborasi dengan THE GOOD THINGS dalam membuat harmonisasi baru. Sebuah konsep menarik dan kolaborasi pertama yang dilakukan oleh keduanya,” lanjut Ria.

Kolaborasi lainnya adalah sinergi antara Adrian Gan dengan tiga label di bawah Sonderlab yaitu DIBBA, Moneyman, dan Kallarona. Tangan yang bersinergi dengan Anton Ismael, serta Lulu Lutfi Labibi yang berkolaborasi dengan Rara Sekar.

Harper’s BAZAAR Indonesia memberikan apresiasi untuk kreativitas dan partisipasi pada semua desainer yang terlibat. Termasuk Bin House, Ghea Fashion Studio, Ghea Resort by Amanda Janna, Hian Tjen, Klamby, Lulu Lutfi Labibi x HARA, Nada Puspita, Sapto Djojokartiko x THE GOOD THINGS, Sonderlab by Adrian Gan, Tangan x Anton Ismael, dan TOTON.

Terima kasih ditujukan pada para pendukung: OPPO, Senayan City, Y.O.U Cosmetics, dan UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia. Termasuk pada label-label yang bergabung pada Pop-Up Fashion Hub.

Patrick Owen, selaku Chief Creative Officer OPPO Indonesia mengatakan, “Tahun ini adalah tahun pertama kami mendukung Harper’s BAZAAR Indonesia di OPPO BAZAAR Fashion Festival dan kami sangat senang melihat beragam desainer Indonesia yang melibatkan OPPO Find X5 Pro 5G ke dalam koleksi mereka yang sangat indah. Seperti semua desainer, OPPO telah meluangkan waktu yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat smartphone kelas flagship untuk pengguna kami. Dari Marisilicon X Imaging NPU yang kami kembangkan sendiri untuk mencapai video ultra jernih 4k terbaik hingga kolaborasi kami dengan Hasselblad di OPPO Find X5 Pro Series dan yang paling penting, menghubungkan inovasi unik ini dengan pikiran brilian yang dikuratori oleh OBFF untuk menginspirasi semua orang.”

Patrick merasa sangat bangga dapat menangkap kreasi luar biasa di semua pertunjukan di OPPO BAZAAR Fashion Festival dengan OPPO Find X5 Pro 5G. OPPO BAZAAR Fashion Festival yang diadakan di Senayan City, menggunakan dua area presentasi dengan konsep berbeda, Main Stage dan White Space. Mengenai area Main Stage ini, Ria Lirungan mengatakan, “Bila biasanya main stage dibiarkan terbuka, maka untuk BAZAAR Fashion Festival kali ini dirancang dengan penutup estetis, yang bukan saja indah tetapi juga membuat pencahayaan panggung lebih fokus dan suasana lebih hangat.”

Show ditampilkan di panggung utama di Main Atrium Senayan City dengan panggung berbentuk runway untuk menampilkan koleksi secara lebih lengkap. Sedangkan area White Space merupakan presentation room yang bernuasa all-white dengan area luas untuk mengakomodir presentasi koleksi yang dapat disesuaikan dengan konsep yang berbeda sesuai dengan kreativitas desainer.

“Merayakan Kemerdekaan Indonesia ke-77, Senayan City kembali menghadirkan Glorify Indonesia dengan tema ‘Kolaborasi’. Salah satu iconic collaborations adalah OPPO BAZAAR Fashion Festival 2022 yang merupakan kolaborasi Senayan City dengan Harper’s BAZAAR Indonesia. Kolaborasi ini adalah salah satu bentuk apresiasi Senayan City kepada para designer dan brand ternama Indonesia, yang secara konsisten terus menampilkan karya terbaiknya tidak hanya di Indonesia tapi juga sampai ke mancanegara. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus memberikan inspirasi tren fashion, serta menjadi wadah bagi para pelaku kreatif dalam memajukan industri fashion di Indonesia.” Jelas Halina, selaku Leasing & Marketing Communication Director Senayan City

Pada hari pertama OPPO BAZAAR Fashion Festival menampilkan Bin House, Ghea Fashion Studio dan Sapto Djojokartiko. Hari kedua akan menampilkan Klamby, Ghea Resort by Amanda Janna, dan TOTON. Hari terakhir diisi oleh Nada Puspita, Hian Tjen yang dipersembahkan oleh UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia, dan OPPO Closing Show oleh Tangan x Anton Ismael, Sonderlab by Adrian Gan, dan Lulu Lutfi Labibi x HARA.

Sapto Djojokartiko dengan antusias mengatakan, “Acara BAZAAR Fashion Festival #MRAyakanIndonesia ini merupakan show offline pertama kami setelah dua tahun sering berinteraksi online.” Koleksi Sapto ini merupakan pre-collection dari koleksi Spring/Summer 2023 milik SAPTO DJOJOKARTIKO. Koleksi Spring/Summer 2023 Pre-collection mengusung banyak detail subtil dengan item statement dan aksesoris dari THE GOOD THINGS. Keseluruhan koleksi didominasi dengan siluet yang nyaman dan santai dengan penataan gaya busana oleh THE GOOD THINGS yang memberikan kesan gaya yang lebih muda dan vibrant

“Acara ini adalah selebrasi kemerdekaan yang luar biasa. Ini adalah show pertama setelah 2,5 tahun kita alami pandemi. Begitu banyak yang terjadi, begitu banyak air mata. Sekarang kita celebrate, kita rayakan bahwa ini satu perayaan kemenangan agar yang akan datang lebih baik. Acara ini adalah talenta dari begitu banyak orang. Semua menjadi satu. Show saya, diberi judul Denyut Kain, Pulse of The Cloth. Bagi saya ini adalah satu perayaan 17 Agustus yang luar biasa,” kata Obin, pemilik Bin House.

Bagi Senayan City, kolaborasi dengan BAZAAR Fashion Festival ini adalah salah satu acara merayakan hari kemerdekaan. Selain itu ada Kolaborasi Suara, Glorify Selebration, Glorify Delight, dan masih banyak lagi. Rangkaian program Glorify Indonesia ini dapat dinikmati pengunjung Senayan City mulai dari 1 – 31 Agustus 2022. OPPO BAZAAR Fashion Festival 2022 didukung oleh OPPO, Y.O.U Cosmetics, dan UOB Lady’s Card & UOB Lady’s Account by Bank UOB Indonesia.

Harper’s BAZAAR Indonesia dengan platform yang lengkap mulai dari website, media sosial, dan print yang tidak pernah berhenti terbit, akan terus menjadi media yang mendukung kreativitas desainer dan label fashion terbaik lokal. “Semoga semakin banyak sinergi yang bisa terjadi dan semoga ekosistem fashion Tanah Air bisa semakin berkembang,” pungkas Ria Lirungan.