Perusahaan Elon Musk Berhasil Tanam Chip ke Otak Manusia, Pertama di Dunia!

107

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, Nerualink mengumumkan berhasil memasukan chip pertamanya pada otak manusia pada hari Minggu, 29 Januari 2024.

Elon Musk mengklaim pasien manusia pertama Neuralink menjalankan prosedur implan otak pada Minggu (27/1) kemarin. Operasi berjalan lancar dan pasien sedang dalam proses penyembuhan.

“Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,” ujar Musk melalui akun X personalnya.

Baca Juga: Friendster Kembali, Nostalgia Media Sosial Era 2000-an!

Menurut definisi Institusi Kesehatan Nasional, lonjakan neuron merupakan aktivitas sel yang menggunakan sinyal kimia dan elektris untuk mengirim informasi ke otak dan tubuh.

Elon Musk's Neuralink implants brain chip in first human | RNZ News
https://www.rnz.co.nz/news/world/507938/elon-musk-s-neuralink-implants-brain-chip-in-first-human

Neuralink melakukan uji klinis pertama yang melibatkan manusia setelah mendapatkan lampu hijau dari US Food and Drug Administration (FDA) pada pertengahan tahun lalu. Mereka kemudian membuka pendaftaran untuk mencari relawan pada musim gugur tahun lalu.

Sejak beberapa tahun lalu, Elon Musk memiliki ambisi besar agar manusia bisa terhindar dari kelumpuhan dan kondisi neurologis lainnya melalui Neuralink.

Implan chip pada manusia dilakukan oleh robot. Adapun chip tersebut dinamai brain-computer interface (BCI). Peletakannya di area otak yang mengontrol pergerakan tubuh.

Menurut Neuralink, tujuan tambahan dari penanaman chip tersebut adalah memungkinkan manusia mengontrol kursor atau keyboard hanya dengan menggunakan pikiran mereka.

Jika operasi berjalan sukses, mikrochip Neuralink akan ditempatkan di bagian tengkorak yang sudah dihilangkan, tepat di bawah kulit kepala. Sementara kabel-kabelnya akan mentransfer data antara otak dan chip yang sudah dipasang.