Perusahaan Mobil Jeep di China Bangkrut, Inilah Penyebabnya!

34
Perusahaan Mobil Jeep di China Bangkrut, Inilah Penyebabnya!

Hard Rockers, perusahaan mobil Jeep di China baru-baru ini mengajukan kebangkrutan di negeri tirai bamboo alias China.

Perushaaan patungan antara Stellantis dan Guangzhou Automobile Group Co (GAC) yang memproduksi Jeep di China mengalami keterpurukan berkepanjangan di pasar terbesar dunia itu. Penjualan perusahaan patungan, yang meliputi SUV Cherokee dan crossover Compass, telah melorot selama empat tahun terakhir.

Perusahaan Mobil Jeep di China Bangkrut, Inilah Penyebabnya!

Penjualan bahkan sampai terjun terjun 50 persen pada 2021 dari catatan 20.396 unit pada 2020. Pada tahun ini perusahaan hanya menjual 2.000 unit, termasuk Mei yang cuma 1 unit. Faktor lain yang membuat Jepp bangkrut di China ialah  pengaruh politik yang berkembang dalam bisnis China.

Pada laporan keuangan Juli, Chief Executive Officer Stellantis Carlos Tavares mengatakan selama lima tahun terakhir ‘pengaruh politik’ berkembang dalam bisnisnya di China.

Perusahaan Mobil Jeep di China Bangkrut, Inilah Penyebabnya!

Tidak hanya Jeep, produsen mobil asing di China kini berada dalam tekanan, ketika pasar bergeser cepat ke kendaraan listrik dan produsen dalam negeri pelan-pelan menguasai semua pasar khususnya di China.

Perlu diketahui Jeep adalah perusahaan asing pertama yang berinvestasi di China. Sebelumnya dipegang oleh AMC berinvestasi menciptakan perusahaan patungan Jeep di Beijing pada 1984, ini merupakan perjanjian pertama terkait produksi mobil di China dari merek Amerika Serikat.

Kini hanya tingga Tesla yang menjadi satu-satunya produsen global yang beroperasi di China tanpa usaha patungan.

Baca Juga: Meski Sudah Meminta Maaf, Instagram Masih Dikeluhkan Pengguna

Bagaimana tanggapan elo Hard Rockers, kasih tau juga tipe mobil Jepp favorite lo?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto