Piano Klasik Film Hollywood ini Dihargai 30 Miliar Rupiah!

697
0
casablanca

Piano merupakan instrumen musik yang klasik, mewah, dan tentunya lumayan mahal [bila dibandingkan dengan instrumen klasik lain]. Namun, bagaimana kalau harganya US$ 2,9 juta dolar, alias sekitar 30 miliar rupiah? Apakah Hard Rockers tertarik  untuk membelinya?

Mungkin banyak piano lain, yang lebih bagus dan baru, dengan harga yang jauh di bawah itu. Tetapi piano yang satu ini beda. Piano ini adalah piano yang digunakan dalam film Casablanca, sebuah film pada tahun 1942, yang berkisah tentang pertemuan seorang ekspatriat Amerika dengan seorang wanita, di awal Perang Dunia II.

Seperti wine, semakin tua, semakin berharga. Begitu pula instrumen musik ini. Selain mampu menjadi pemanis dalam film yang meraih tiga Oscar tersebut, hingga kini, piano tersebut masih terlihat kokoh dan apik.

Tubuhnya terbuat dari kayu warna coklat yang manis, serta di bagian tengah, ada hiasan abstrak yang berwarna hijau dan merah kecoklatan. Seolah menggambarkan pepohonan yang asri.

Dan, bagi pecinta film-film lawas, tentunya nggak akan mungkin mengingat piano Casablanca ini, tanpa mengingat lagu As Time Goes By, yang dibawakan oleh Sam [Dooley Wilson], mengiringi sketsa cinta antara sang tokoh utama dengan wanita pujaannya.

Dengan nilai historis yang semacam itu, rasanya tidak mengherankan ya, kalau piano ini terjual hingga jutaan dolar? [teks:@intankirana/BBC I foto: tribune.com]