Yeah! Jokowi Resmi Jadi Presiden RI Ke-7

429
0
Jokowi - JK

Kita semua sayang sama Pak SBY. Tapi karena masa jabatan Pak SBY sudah habis, saatnya untuk move-on dan mengucapkan selamat datang buat presiden baru kita, Bapak Joko Widodo, atau yang biasa disapa Jokowi, serta wakil presidennya, Bapak Jusuf Kalla.

Didampingi oleh sang istri, Iriana, dan ketiga anaknya, Jokowi tampak percaya diri. Ia bahkan mengucapkan rasa terima kasih tak hanya kepada seluruh rakyat Indonesia, tetapi juga kepada Prabowo Subianto. Jokowi bahkan memanggil Pak Prabowo dengan kata “sahabat”. Panggilan itu kemudian disambut dengan hormat oleh Prabowo.

Tak hanya kandidat capres nomor satu, tetapi beberapa tamu penting seperti Bapak Basuki Tjahaja Purnama [Ahok], Perdana Menteri Australia Tony Abbot, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Hmm, keren juga sih, Menteri Amerika sampai jauh-jauh datang ke negara tropis.

Yang beda? Pesta rakyat!
Pelantikan Presiden memang selalu bikin macet. Biasanya kemacetan itu setidaknya hanya terjadi di sekitar Istana Negara.  Tapi, kali ini jauh berbeda, Hard Rockers! Tidak seperti pelantikan Presiden sbelumnya, kali ini penutupan jalan terjadi banyak titik jalanan ibukota. Mengapa? Pasalnya, Indonesia punya cara beda dalam menyambut pemimpinnya.

Tepatnya, sepanjang jalan dari Bundaran HI, Sudirman sampai Monas, Presiden RI ke-7, beserta sang wakil diarak dengan menaiki  andong [delman]. Namun, jauh sebelum Presiden Jokowi dan wakil Presiden Jusuf Kala, lewat menyapa masyarakat, terlebih dahulu rangkaian pawai dari berbagai suku daerah, organisasi, maupun lembaga agama memeriahkan jalanan Bunderan HI-Monas.

Selain arak-arakan yang meriah dan ‘menyentuh’ rakyat langsung, di Monas juga sudah siap digelar pesta rakyat dengan acara hiburan yang luar biasa. Diramaikan puluhan artis ibukota, kuliner gratis, dan acara seru lainnya. Memang moment yang tak akan terlupakan bagi segenap rakyat Indonesia.  

Pesta rakyat memang bukan acara resmi, tapi pesta ini merupakan inisiatif dan bentuk apresiasi rakyat Indonesia dalam menyambut Presiden baru mereka, yang dipilih langsung oleh rakyat.

Selain berpesta, bergembira bersama atas resminya Jokowi memimpin negeri, rakyat juga menumpukan berbagai harapan kepada Presiden baru Indonesia.  Mulai dari masalah ekonomi hingga keadilan. Kepada Presiden baru, rakyat juga berharap kalau demokrasi makin ditegakkan di Indonesia.

Meski mengemban tugas yang berat, sudah seharusnya Hard Rockers dan seluruh rakyat Indonesia terus mendukung dan mengawal pemerintahan Indonesia yang baru. Untuk Indonesia yang lebih baik. Yuk! [teks:@intankirana | foto: Fajar Subechi, Arizy]