Rekomendasi Pemilihan Tanggal Cuti di Tahun 2023

36
Rekomendasi Pemilihan Tanggal Cuti di Tahun 2023

Memasuki awal tahun 2023, pemerintah sudah menetapkan 16 hari libur nasional dan tambahan cuti bersama sebanyak delapan hari.

Supaya jatah cuti dari perusahaan lo bisa dimanfaatkan secara maksimal, ada baiknya melihat rekomendasi tanggal cuti di tahun 2023 ini. Hal ini karena Cuti bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental sebagai seorang pekerja.

Rekomendasi Pemilihan Tanggal Cuti di Tahun 2023

Januari

Terdapat momen Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh pada tanggal 22 Januari. Pemerintah menetapkan cuti bersama peringatan Imlek di hari Senin, tanggal 23 Januari. Lo bisa mengambil cuti untuk liburan awal tahun 2023 di hari Jumat, tanggal 20 Januari.

Februari

Pada tanggal 18 Februari ada libur nasional Isra Miraj. Kalau lo pengen dapat momen long weekend, bisa mengambil cuti satu hari pada Jumat, tanggal 17 Januari atau Senin, tanggal 20 Januari untuk mendapatkan tiga hari libur

Maret

Hard Rokcers bisa mengajukan cuti pada momen peringatan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 22 Januari. Sebab, pemerintah menetapkan cuti bersama keesokan harinya, yaitu Kamis, tanggal 23 Januari. Jadi bisa cuti di hari Jumat, tanggal 24 Januari agar liburan selama lima hari sampai tanggal 26 Maret.

April

Peringatan Wafat Isa Al Masih yang jatuh pada hari Jumat, tanggal 7 April sehingga lo bisa menikmati liburan tanpa mengajukan cuti. Kemudian pemerintah menetapkan hari Sabtu, tanggal 22 April dan Minggu, tanggal 23 April sebagai Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Lo enggak perlu mengajukan cuti lantaran pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran yang cukup panjang, yakni mulai dari hari Jumat, tanggal 21 April hingga Rabu, tanggal 26 April.

Mei

Pada hari Senin, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Nasional. Dari tanggal 29?30 April, Anda bisa menikmati long weekend untuk liburan. Selanjutnya pada hari Kamis, tanggal 18 Mei, terdapat hari libur nasional Kenaikan Isa Almasih. Hard Rockers bisa mengajukan cuti untuk keesokan harinya, yakni Jumat, tanggal 19 Mei untuk liburan.

Juni

Pada hari Kamis, tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila yang juga merupakan hari libur nasional. Sedangkan pada hari Minggu, tanggal 4 Juni, terdapat Hari Raya Waisak dan pemerintah juga menetapkan cuti bersama dua hari sebelumnya, yakni Jumat, tanggal 2 Juni.

Di sisi lain, pada hari Kamis, tanggal 29 Juni, umat Islam di Indonesia memperingati Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah. Lo bisa mengajukan cuti satu hari untuk hari Jumat, tanggal 30 Juni agar bisa menikmati liburan yang cukup panjang hingga Minggu, tanggal 2 Juli.

Juli

Bulan Juli hanya memiliki satu hari libur nasional, yaitu Tahun Baru Islam 1445 Hijriah yang jatuh pada hari Rabu, tanggal 19 Juli. Lo bisa mengambil cuti dua hari untuk liburan panjang di hari Kamis, tanggal 20 Juli dan Jumat, tanggal 21 Juli.

Bulan ini merupakan waktu yang spesial bagi Indonesia dikarenakan setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di tahun ini, peringatan kemerdekaan tersebut jatuh pada hari Kamis. Oleh karena itu, ajukanlah cuti untuk hari Jumat, tanggal 18 Agustus agar bisa traveling hingga akhir pekan.

September

Hari Kamis, tanggal 28 September merupakan momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hard Rockers bisa mengajukan cuti satu hari di hari Jumat, 29 September, untuk menikmati traveling selama empat hari.

Oktober dan November

Kedua bulan ini tidak memiliki momen hari libur nasional dan cuti bersama sehingga lo bisa memanfaatkan pengajuan cuti untuk liburan di bulan Desember.

Desember

Desember menjadi momen yang spesial untuk liburan dikarenakan terdapat hari Natal yang kali ini jatuh pada hari Senin, tanggal 25 Desember. Pemerintah pun telah menetapkan keesokan harinya, Selasa, tanggal 26 Desember sebagai momen cuti bersama.

Apabila Hard Rockers masih memiliki jatah cuti sekitar tiga hari, ajukanlah untuk tanggal 27-29 Desember untuk menikmati liburan panjang hingga tahun baru, yakni Senin, tanggal 1 Januari 2024.

 

Source: cnnindonesia