Rock In The Block with Iwan Fals

542
0
iwanfals hrfm

Di tengah-tengah kesibukannya mengikuti tur ke Kalimantan Barat -tepatnya ke Singkawang-, Om Iwan Fals menyempatkan diri untuk diwawancarai oleh Hard Rock FM.

Ia langsung memberi kabar gembira, bahwa di pertengahan bulan tahun ini, tepatnya di bulan Juni, dirinya akan meluncurkan album terbarunya yang berjudul “RAYA”. Sama seperti sebelum-sebelumnya, RAYA di ambil dari nama anaknya. Kali ini anak ketiganya yang masih berumur 10 tahun, Raya Rambu Rabbani. Setelah menunggu selama 10 tahun, akhirnya jadi juga lagu tersebut. “Saya menunggu ijin dari anak saya, boleh gak namanya dipakai untuk nama album dan lagunya. Hingga akhirnya saat umurnya genap 10 tahun, baru saya tanya. Pas ditanya dia malah seneng,” kata legendaris yang berumur 51 tahun ini.

Tema dari lagu ini tentu adalah bentuk harapan orang tua pada anaknya. “Ya saya cuma bisa nyanyi dan bermusik. Itu bentuk ekspresi saya.” 

Nuansa dari albumnya sendiri jelas akan berbeda. Pemusik–pemusik di album ini berbeda dari album-album sebelumnya, aransemennya pun berbeda. Om Iwan Fals bekerja sama dengan pemusik lain dalam pembuatan album “RAYA” ini. Salah satunya ada Lea Simajuntak yang mengisi dua lagu, “Katanya” dan “Aku Ada”. 

Selain Tante Yos (Istri Iwan Fals) bernyanyi di salah satu lagu album ini, beliau juga membuatkan syair untuk Iwan Fals. “Awalnya pas lagi tur, ga tau kenapa tiba-tiba istri saya SMS, mungkin dia lagi kangen sama saya hahaha. Isi dari SMS itu adalah syair. Terus setengah ngotot dia minta dibikinin lagu. Yaudah akhirnya saya bikinin lagu dengan syair itu.” Jelas Iwan Fals.

Setelah lagu yang berjudul “Bongkar” diciptakan Om Iwan untuk menggambarkan keadaan Indonesia saat itu, sekarang beliau sedang mempersiapkan lagu yang berjudul “Pasang”. “Setelah Bongkar, ya saatnya Pasang.” Tapi sampai saat ini ia belum bisa menyelesaikan lagu tersebut, entah kenapa belum ada kata-kata yang cocok untuk merampungkannya menjadi sebuah lirik. 

Apa mungkin Om Iwan harus membuka semacam sayembara membuat lirik dengan judul “Pasang” ? Kita lihat aja nanti Hard Rockers.

Berikut potongan wawancara dengan Om Iwan,