Selain Will Smith, Ini Deretan Sineas yang Masuk Black List Oscar

103
Selain Will Smith, Ini Deretan Sineas yang Masuk Black List Oscar

The Academy baru saja mengambil langkah tegas dengan melakukan black list terhadap Will Smith setelah insiden tamparannya terhadap Chris Rock di panggung Piala Oscar 2022. Meski begitu, ini bukan kali pertama The Academy melakukan sanksi terhadap para aktor maupun aktris dengan masalah yang berbeda-beda.

Will Smith dipastikan dilarang tampil di semua acara yang berkaitan dengan Oscar dan The Academy selama 10 tahun. Hal ini dilakukan setelah Will Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 ketika sedang menjadi pembawa acara di ajang tersebut.

Selain Will Smith, Ini Deretan Sineas yang Masuk Black List Oscar

“Hari ini (Jumat, 8 April 2022) Dewan Gubernur melakukan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana sebaiknya kami merespons aksi Will Smith di Oscar, bersamaan dengan kami menerima pengunduran dirinya.” tulis The Academy lewat pernyataan resminya.

“Dewan Gubernur memutuskan, selama 10 tahun sejak 8 April 2022, Will Smith dilarang untuk menghadiri acara yang berkaitan dengan Academy, secara langsung maupun virtual, termasuk dan tidak terbatas pada Academy Awards,” tambahnya.

Selain Will Smith, ternyata ada sejumlah sineas yang juga pernah masuk daftar hitam The Academy. Berikut ini 5 sineas yang masuk daftar black list The Academy.

Carmine Caridi

Aktor Carmine Caridi pernah masuk daftar hitam The Academy setelah menyebarkan file film bajakan ke internet di tahun 2004. Pemeran The Godfather Part II ini menjadi merupakan orang pertama yang masuk daftar hitam The Academy.

Harvey Weinstein

Produser dari film Shakespeare In Love, Harvey Weinstein masuk dalam daftar black list The Academy lantaran tersandung masalah pelecehan seksual yang dilakukannya. Meski begitu, piala Oscar yang didapatkannya kala itu tidak dibatalkan.

Bill Cosby

Kasus pelecehan yang dialami oleh aktor sekaligus komedian Bill Cosby di tahun 2018, membuatnya dikeluarkan dari The Academy. Diketahui, Bill Cosby pernah bermain di film-film komedi seperti Jack (1996) serta Fat Albert (2004).

Roman Polanski

Kembali tindakan tegas dilakukan oleh The Academy setelah mendapati sineas terkena skandal pelecehan seksual, termasuk yang dilakukan oleh Romand Planski. The Academy pun memasukan Roman Polanski dalam daftar hitan di tahun 2018.

Adam Kimmel

Terakhir ada Sinematografer Adam Kimmel yang dikeluarkan oleh The Academy tahun 2021. Hal ini disebabkan Adam Kimmelterlibat dalam skandal pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah