Smartphone di Masa Depan Bisa Mengukur Saturasi Oksigen

69
Ponsel di Masa Depan Bisa Mengukur Saturasi Oksigen

Ponsel di masa depan bisa mengukur saturasi oksigen dalam darah manusia menurut sebuah studi terbaru Hard Rockers.

Saturasi oksigen sendiri merupakan fraksi hemoglobin jenuh oksigen relatif terhadap total hemoglobin dalam darah. Tubuh manusia membutuhkan dan mengatur keseimbangan oksigen yang sangat tepat dan spesifik dalam darah.  Normalnya tingkat saturasi oksigen darah pada manusia adalah 97-100 persen.

Ponsel di Masa Depan Bisa Mengukur Saturasi Oksigen

Pengukuran pada ponsel bisa mengukur tingkat saturasi hingga 70 persen, nilai saturasi terendah yang harus dapat diukur oleh oximeter, sesuai dengan rekomendasi Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA).

Teknik pengukuran saturasi dengan smartphone dapat dilakukan dengan meletakkan jari di atas kamera dan flash smartphone, yang menggunakan algoritma pembelajaran mendalam untuk menguraikan kadar oksigen dalam darah.

Saat tim peneliti mengeluarkan campuran nitrogen dan oksigen yang terkontrol ke enam subjek untuk secara artifisial menurunkan kadar oksigen dalam darahnya, ponsel pintar memprediksi dengan tepat apakah subjek memiliki kadar oksigen dalam darah yang rendah 80 persen dari waktu.

Ponsel di Masa Depan Bisa Mengukur Saturasi Oksigen“Aplikasi smartphone lain biasanya melakukan pengukuran ini dengan meminta penggunanya menahan napas. Namun orang menjadi sangat tidak nyaman dan harus bernapas setelah satu menit atau lebih, dan itu sebelum tingkat oksigen darah mereka turun cukup jauh untuk mewakili berbagai data yang relevan secara klinis, “kata rekan penulis utama Jason Hoffman yang juga seorang mahasiswa doktoral di University of Washington, seperti dikutip dari situs University of Washington.

“Dengan pengujian kami, kami dapat mengumpulkan 15 menit data dari setiap subjek. Data kami menunjukkan bahwa smartphone dapat bekerja dengan baik di kisaran ambang kritis,” tambahnya.

Baca Juga: Trailer Film The Super Mario Bros Movie Tampilkan Petualangan di Kerajaan Jamur

Terobosan terbaru menggunakan ponsel pintar adalah sebuah terobosan yang bermanfaat. Hal ini tentunya membuat semua orang dapat memantau salah satu elemen kesehatan diri sendiri kapan dan dimana saja tanpa ada Batasan.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto