Smells Like Teen Spirit, Lagu Paling Ikonik Sepanjang Masa

167
Smells Like Teen Spirit, Lagu Paling Ikonik Sepanjang Masa

Lagu milik Nirvana ‘Smells Like Teen Spirit’ memang sangat terkenang di era 90-an bahkan hingga kini lagu tersebut sering kali putar di berbagai acara musik. Gak heran, hal ini yang menjadikan lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ jadi lagu paling ikonik sepanjang masa menurut penelitian.

Dikutip dari laman Daily Mail, sebuah penelitian dilakukan oleh Dr. Mick Grierson di Inggris mengungkap 50 lagu paling hits sepanjang sejarah dunia musik. Hal yang menjadi tolak ukur Dr. Mick Grierson adalah keunikan dari suara musik yang dihasilkan dari setiap lagu.

 “Kami menemukan kesamaan signifikan dari lagu-lagu ini, yaitu kebanyakan dari mereka menggunakan suara dengan cara yang sangat bervariasi dan dinamis dibanding rekaman lain”, ucap Dr. Mick Grierson.

Smells Like Teen Spirit, Lagu Paling Ikonik Sepanjang Masa

Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ dipilih diurutan pertama dari 50 daftar lengkap di Daily Mail. Kemudian setelahnya mengikuti lagu ‘Imagine’ John Lennon, ‘One’ U2, ‘Billie Jean’ Michael Jackson, dan ‘Bohemian Rhapsody’ Queen.

Lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ sendiri diciptakan oleh Kurt Cobain dan dirilis pada tahun 1991 silam. Lewat lagu ‘Smells Like Teen Spirit’ ini nama band Nirvana pun dikenal luas oleh para penggemar musik dunia. Pada tahun 1994, Kurt Cobain mengungkapkan bahwa ia terinspirasi dari salah satu lagu dari band legendaris The Pixies dalam menciptakan ‘Smells Like Teen Spirit’.

“Aku mencoba menulis lagu pop yang keren. Sebetulnya aku mencoba buat nge-rip off  The Pixies. Kami mengakui kalo kami memakai dinamika mereka, pelan dan sepi kemudian kencang dan keras,” jelas Cobain.

Setuju gak Hard Rockers, kalau lagu Smells Like Teen Spirit jadi lagu paling ikonik sepanjang masa?

 

Penulis: Rifqi Fadhillah