Sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 Virgil Abloh Dilelang Mulai Dari Rp28 juta

410

Louis Vuitton dan Nike baru-baru ini telah mengumumkan akan melelang sneakers Air Force 1 Virgil Abloh edisi terbatas. Sneakers ini dibuat oleh Abloh ketika sebelum dirinya meninggal dunia.

Karya-karya dari mendiang Virgil Abloh dalam industri fashion masih terkenang hingga kini meski sang desainer telah tiada. Hal ini terbukti dari salah satu karya Abloh berkolaborasi antara Louis Vuitton dan Nike, yakni sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1.

Dilansir dari WWD, sneakers Air Force 1 Virgil Abloh dari kolaborasi ini dibuat sebagai penghormatan terhadap budaya hip-hop. Sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 sendiri terbuat dari bahan yang digunakan dalam koleksi pria Louis Vuitton milik Abloh.

“Sampulnya mewujudkan praktik awal komunitas hip-hop dalam menyatukan mode dan pakaian olahraga kelas atas, mengesampingkan merek yang berbeda dengan penghormatan yang sama,” kata Vuitton dilansir WWD, Kamis (20/1/2022).

“Sebuah simbol budaya dalam dirinya sendiri, hari ini Nike Air Force 1 berfungsi sebagai simbol artistik dari asal subkultur yang dihasilkan sendiri,” tambah Vuitton.

View this post on Instagram

A post shared by Sotheby’s (@sothebys)

Total ada 200 pasang sneakers akan dilelang di Sotheby’s. Sneaker Louis Vuitton x Nike Air Force 1 Virgil Abloh ini tersedia dalam warna eksklusif serta berbagai ukuran dari 5–18, dengan tawaran mulai dari 2 ribu dolar AS (Rp28,7 juta). Hasil lelang sneakers ini nantinya akan disumbangkan ke “Post Modern” Scholarship Fund gagasan Abloh,.

Vuitton sendiri mengatakan bahwa kolaborasi ini terinspirasi oleh sampul album 1988 “It Takes Two” oleh duo hip-hop Rob Base dan DJ E-Z Rock. Sampul tersebut menunjukkan E-Z Rock mengenakan Nike Air Force 1 basketball trainer yang diubah dengan swoosh yang dihiasi monogram LV.

Sebelumnya, sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 telah diperkenalkan pada Juni 2021 dalam koleksi Spring 2022. Abloh sendiri telah 47 pasang sepatu kets Nike Air Force 1 untuk pertunjukan musim semi.

Selain dilelang, sneakers Louis Vuitton x Air Force 1 Virgil Abloh ini akan dijual dengan jumlah yang terbatas pada akhir tahun nanti. Sneakers akan tersedia dalam jumlah terbatas secara eksklusif di Louis Vuitton.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah