Story Behind The Song: Cinta Laura Akui Musik ‘Markisa’ Terinspirasi Dari Bollywood

275
0

Di Story Behind The Song kali ini, Billy Gamaliel ngobrol seru sama Cinta Laura Kiehl seputar single Markisa, kesibukan Cinta Laura sekarang, dan project apa yang lagi disiapin kedepannya.

Kehadiran Cinta Laura Kiehl di industri musik tentu bukan hal yang baru. Meskipun karirnya berawal dari dunia akting, namun passion Cinta di bidang musik juga tidak bisa lepas dari perempuan berusia 28 tahun itu.

“Aku waktu lahir di dunia entertainment akting kan. Akting adalah passion terbesar aku. Aku gak akan bohong tentang itu. Tapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa dari aku kecil sangat suka musik. Apalagi musik pop yang bikin nge-dance.” ucap Cinta Laura.

Cinta mengatakan bahwa ia mengidolan sosok seperti Britney Spears, Jennifer Lopez, Shakira dan Rihana dalam musik. Hal tersebut dikarenakan penyanyi yang diidolakannya ini selain bisa bernyanyi juga dapat nge-dance.

“Aku selalu melihat penyanyi-penyanyi yang punya stage present yang kuat. Itulah kenapa aku mengidolakan mereka.” ungkapnya.

Terinspirasi Musik Bollywood

Story Behind The Song: Cinta Laura Akui Musik 'Markisa' Terinspirasi Dari Bollywood

Hal ini juga yang melandaskan Cinta Laura menyukai musik yang melibatkan dance seperti pada lagu terbarunya yang berjudul ‘Markisa’. Ia mengaku mengambil inspirasi dari musik-musik Bollywood modern.

“Saat kita workshop gak tau kenapa aku saat itu lagi terinspirasi dengan lagu-lagu Bollywood modern, yang lebih ke arah Hip-Hop. Saat itu aku bilang ke Eka, gimana caranya kita bisa bikin lagu yang catchy, fun dan yang bikin orang pengen goyang tapi tetap Indonesia.”

Dari situlah, akhirnya Cinta Laura dan Eka menemukan ide membuat lagu pop yang bernuansa Timut Tengah tetapi terdapat juga unsur Indonesianya. Fakta menariknya adalah lagu ‘Markisa’ milik Cinta Laura terdapat 7 instrumen khas Indonesia yakni Kecapi Minang, Saluang Minang, Serunai Minang, Sape Kalimantan, Kendang Dangdut, Vokal Kalimantan dan Kendang Sunda.

“Aku ingin dunia melihat bahwa potensi musisi Indonesia itu besar sekali.Aku sudah tahu banyak musisi Indonesia melakukan hal yang keren dan sudah go Internatinal. Tapi if I can wanna participate.” ungkapnya.

Gunakan 7 Instrumen Khas Indonesia

Story Behind The Song: Cinta Laura Akui Musik 'Markisa' Terinspirasi Dari Bollywood

Nuansa Indonesia juga turut disematkan Cinta Laura dalam video klip dari lagu Markisa. Ia pun memadukan elemen tradisional dan modern dalam video klip lagu terbarunya ini. Material busana Cinta Laura pun menggunakan tenun dari NTT.

Untuk lokasi syuting video klipnya, Cinta Laura memilih di Yogyakarta atau tepatnya di gumuk pasir dan studio gamplong.

Alasan Memilih Judul Markisa

Story Behind The Song: Cinta Laura Akui Musik 'Markisa' Terinspirasi Dari Bollywood

Cinta Laura mengungkapkan bahwa alasan memilih judul ‘Markisa’ berawal dari kata ‘Passion Fruit’. Namun, pengucapan ‘Passion Fruit’ kurang cocok dimasukkan ke dalam reff lagu hingga akhirnya ia mengartikan ‘Passion Fruit’ ke dalam bahasa Indonesia yang berarti ‘Markisa’. Buah Markisa sendiri dipilih karena menggambarkan passion yang seirama dengan nada dalam lagu tersebut.

“Lagu ini bisa dibilang tentang passion. Kalau reffnya kita bikin catchy, kata apa ya yang bikin catchy. Terus aku mikir kalau nyanyi ‘Passion Fruit’ kaya mau jualan juice. Aku terus berpikir apa sih arti ‘Passion Fruit’ ke dalam bahasa Indonesia. Ya, Markisa.”

Cinta juga melihat keresahan terhadap lagu-lagu Indonesia yang rata-rata bernuansa sedih dan galau. Ia ingin mengajak orang-orang dengan lagu terbarunya ‘Markisa’ untuk merayakan hidup dengan bahagia dalam menjalaninya.

“Aku merasa kurang lagu-lagu bahagia di negara ini. Orang-orang tuh sukanya lagunya galau. Kalau patah hati inginnya sedih selamanya.” ucap Cinta Laura.

“I wanna fight that. I want people to listen my song and be like ‘Yeahhh, I wanna celebrate life’ gitu. Ini lagu anti galau.” tuturnya.

Donasi Ke Orang Yang Tidak Mampu

Story Behind The Song: Cinta Laura Akui Musik 'Markisa' Terinspirasi Dari Bollywood

Dibalik perilisan single barunya ini, Cinta Laura juga mengajak dalam hal kebaikan dengan membuat challange #CintaMarqueesa di TikTok, yang dimana setiap uang yang dihasilkan dalam challange tersebut akan didonasikan untuk membantu orang-orang yang tidak mampu.

“Untuk teman-teman yang suka main TikTok, sebenarnya ada challange. Kenapa aku mempromosikan challange ini karena memiliki tujuan mulia yang ingin kita capai.” kata Cinta.

“Aku meminta teman-teman Hard Rockers kalau bisa membuat video dengan #CintaMarqueesa, karena setiap video yang kalian post akan bernilai uang yang pada setiap akhir bulan akan aku donasikan kepada perempuan-perempuan dan juga anak-anak dalam kondisi rentan.” ucapnya.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah