Street Artist Stereoflow Percantik Lapangan Taman Menteng dengan Mural Spesial

45

Upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di Jakarta dilakukan oleh pemerintah DKI dengan menggandeng street Artist Stereoflow. Empat lapaangan di kawasan Taman Menteng dipercantik dengan sentuhan mural karya dari Stereoflow.

Sebagai salah satu ruang publik yang ada di Ibu Kota Jakarta, Taman Menteng saat ini ingin dijadikan sebagai ruang terbuka untuk pelaku kreatif untuk membuat karya di ruang publik untuk dipamerkan. Oleh karena itu, pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan street Artist Stereoflow menghadirkan mural spesial bertajuk “Gelora Ragam”.

Mural “Gelora Ragam” dikreasikan di 4 bidang lapangan olahraga di kawasan Taman Menteng, Jakarta. Pengerjaan untuk membuat mural “Gelora Ragam” ini membutuhkan waktu selama dua minggu dibantu dengan 16 seniman dari Stereoflow.

Stereoflow menjelaskan arti dari mural “Gelora Ragam” yang dibuatnya ini seolah-olah adalah posisi-posisi pemain dalam tim olahraga. Peran dari posisi masing-masing pemain ini menghasilkan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Detail dalam karya mural ini merefleksikan makna-makna tertentu seperti 44 buah sumur resapan yang ada di lokasi dilambangkan guratan-guratan tekstur air yang ada pada mural ini. Lalu histori lapangan ini sebagai markas klub Persija, dihadirkan lewat motif kulit macan pada karya ini.

“Bagi saya, keberagaman warna senantiasa menjadi satu kesatuan komposisi yang selaras dan saling melengkapi satu sama lainnya. Ini menggambarkan kehidupan masyarakat kota Jakarta yang sangat beragam dan dinamis namun senantiasa saling hidup berdampingan dengan damai. Pada akhirnya inilah yang mampu menciptakan nuansa tersendiri dan melahirkan identitas Jakarta.” ucap seniman graffiti Stereoflow, Adi Dharma.

Dengan menggunakan bentuk dan warna yang sederhana, karyanya juga memaknai suasana kesederhanaan dan keceriaan musik 80-an. Kemudian konsep yang ada disusun secara abstrak dengan harapan orang-orang dapat merasakan lebih banyak getaran visual daripada mempertanyakan artinya. Hal yang sama ketika mendengarkan music; cukup dengarkan dan nikmati.

Karya mural kolaborasi Stereoflow bersama dengan pemerintah DKI ini didukung sama Pop Mie dan Matrix Nap digarap dalam rangka aktivasi ruang publik sekaligus ngasih akses internet gratis bagi publik.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah