Suara Freddie Mercury Dinilai Sebagai Suara Terbaik di Dunia

67

Sebuah penelitian baru-bari ini mengungkap jika suara mendiang vokalis Queen, Freddie Mercury sebagai salah satu suara terbaik di dunia. Salah satu faktor yang membuat suara Freddy Mercury menjadi suara terbaik karena gigi tambahan yang dimilikinya.

Penelitian diadakan di Swedia, Austria dan Ceko yang bekerja sama dengan University of Czech Republic, Palacký Olomouc. Salah satu penelitian membahas mengenai kualitas suara Freddie Mercury.

Dilansir dari Rock and Roll Garage, ada sebuah penelitian berjudul “Freddie Mercury—acoustic analysis of speaking fundamental frequency”. Dijelaskan mengenai keunikan dari suara yang dimiliki oleh pentolan Queen itu.

Diungkap bahwa laring dari Mercury memiliki  4.000 frame per detik. Berdasarkan data ini membuktikan bahwa Mercury memiliki kemampuan bernyanyi sub-harmonic.

Diketahui, sub-harmonic merupakan kemampuan bernyanyi dengan memberikan nada geraman. Salah satu lagu Queen yang ditonjolkan skill bernyanyi sub-harmonic dari Mercury ada di lagu ‘Under Pressure’ pada bagian lirik ‘Why can’t we give love that one more chance.’

Faktor Gigi

Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa struktur wajah pada bagian gigi Mercury membuatnya dianugerahi suara terbaik dan unik. Gigi tambahan dari Mercury ini memiliki besaran amplitudo di atas rata-rata.

Penyanyi asal London ini memiliki rentang vokal 37 semitone atau hampir mencapai empat oktaf. Diketahui, ada 12 semitone per oktaf.

Dalam lagu Queen berjudul ‘Love of My Life’ dan ‘Bohemian Rhapsody’, pita suara dari Freddy Mercury dapat lebih cepat dibanding suara rata-rata manusia. Suara Freddie Mercury ada pada rentang 7,04 Hz, sementara rata-rata manusia hanya memiliki i vibrato dan teknik bernyanyi dengan amplitudo antara 5,4 Hz dan 6,9 Hz.

Setuju gak nih Hard Rockers kalau suara Freddy Mercury sebagai salah satu suara terbaik dunia?

 

Penulis: Rifqi Fadhillah