Sutradara Ungkap FIlm Avatar 2 Terinpirasi dari Suku Bajo di Indonesia

45

Film Avatar 2: Way of Water saat ini sedang menghiasi bioskop Tanah Air. Namun, tahu gak sih Hard Rockers, jika ternyata film Avatar 2 terinspirasi dari salah satu suku yang berada di Indonesia.

Seperti diketahui, film Avatar 2: Way of Water menceritakan tentang Suku Metkayina, yang merupakan salah satu suku Na’vi atau Avatar yang mendiami laut di Pandora. Suku Metkayina tinggal serta beraktifitas di sekitar laut.

Diungkap oleh sang sutradara film Avatar 2: Way of Water, James Cameron bahwa Suku Metkayina ini terinspirasi dari Suku Bajo di Indonesia. James Cameron terinspirasi melihat kehidupan dari Suku Bajo yang tinggal di rumah panggung dikelilingi oleh lautan.

Bahkan, tempat tinggal Suku Metkayina di film Avatar 2 pun dibuat mirip dengan tempat tinggal Suku Bajo. Terlihat di Desa Awa’atlu tempat tinggal Na’vi suku Metkayina berada di tepi pantai yang diisi rumah-rumah panggung serta atap-atap yang dibuat dari anyaman.

“Ada orang laut di Indonesia (Bajo) yang hidup di rumah panggung (di laut) dan di atas rakit dan semacamnya. Kami melihat hal-hal seperti itu, dan kami melihat beberapa desa berbeda dengan way of water (jalur air) yang memakai arsitektur pepohonan lokal,” jelas Cameron dalam The Science Behind James Cameron’s Avatar: The Way of Water di kanal YouTube National Geographic, dikutip Rabu (21/12/2022).

Baca Juga: Makin Tipis Ke Aspal, Makin Keren – Inayma #Tertanduk

Wilayah Bajo memang terkenal dengan keindahan lautnya. Warga Bajo pun juga dikenal dengan bisa tahan lama menyelam di air, dengan mampu menahan nafas hingga 13 menit di kedalaman 60-70 meter tanpa alat bantu nafas atau oksigen.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah