Taksi Terbang Buatan China Mengudara Perdana di Dubai

86

Dunia transportasi tampaknya mulai siap kedatangan teknologi terbaru. Baru-baru ini perusahaan otomotif asal China, Xpeng Inc telah berhasil melakukan uji coba taksi terbang listrik di Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin, (10/10/2022).

Taksi terbang listrik itu bernama Xpeng X2 yang direncanakan sebagai angkutan perkotaan. Uji coba penerbangan pada Xpeng X2 ini dilakukan dengan kokpit kosong. Di tahun 2021 lalu, perusahaan Xpeng Inc. mengungkapkan uji coba taksi terbang tersebut pernah dilakukan dengan awak.

View this post on Instagram

A post shared by XPENG (@xpeng_global)

“X2 adalah mobil terbang eVTOL [electric vertical take-off and landing] dua kursi. X2, sebagai mobil terbang generasi kelima perusahaan, merupakan mobil terbang generasi terbaru yang dikembangkan secara mandiri oleh XPeng AEROHT,” ujar Chairman of Xpeng, He Xiaopeng dikutip dari situs resmi.

Dilansir dari Associated Press, taksi terbang listrik Xpeng X2 dapat membawa dua penumpang serta ditenagai oleh baterai. Kecepatan maksimum yang mampu ditempuh oleh Xpeng X2 mencapai 130 km per jam dengan waktu penerbangan 35 menit.

Xpeng X2 difungsikan dapat membawa penumpang melintasi kota-kota di atas jalan raya dan terbebas dari macet. Meski begitu, masih ada beberapa hal yang harus dimatangkan di Xpeng X2, seperti masa pakai baterai hingga keselamatan lalu lintas udara.

Xpeng X2 didukung dengan teknologi canggih dengan mode penerbangan melintasi udara. Taksi terbang ini segara masuk tahap produksi massal dan akan dikirim kepada pelanggan pada 2024.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah