Ternyata Ini Alasan Google Assistant Hingga Apple Siri Memilih Suara Perempuan

73
Ternyata Ini Alasan Google Assistant Hingga Apple Siri Memilih Suara Perempuan

Pernahkah lo menyadari Hard Rockers kebanyakan virtual asisten suara seperti Google Assistant, Apple Siri, Amazon Alexa, dan lainnya memilih suara perempuan sebagai virtual asisten suara.Ternyata ada berbagai alasannya lho yang gak pernah disadari.

Virtual asisten memiliki fungsi untuk pengguna dalam memberikan instruksi di smarphone seperti navigasi GPS, menuliskan pesan teks, serta mengendalikan pengoperasion dari smarphone. Namun, sadarkah lo bahwa sebagian besar dari virtual asisten suara menggunakan suara perempuan.

Ternyata Ini Alasan Google Assistant Hingga Apple Siri Memilih Suara Perempuan

Berikut ini beberapa alasan mengapa suara perempuan lebih banyak digunakan ketimbang pria dalam virtual asisten suara.

Suara Perempuan Lebih Disukai

Dilansir dari Adapt World Wide, terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa manusia cenderung lebih menyukai suara perempuan. Suara perempuan dianggap lebih menenangkan serta memiliki artikulasi lebih jelas.

Untuk Strategi Bisnis

Dilansir dari realresearcher.com, ternyata penggunaan suara perempuan sebagai asisten virtual lebih menguntungkan dalam bisnis pemasaran. Penelitian ini mengungkap suara perempuan menggambarkan rasa simpatik, membantu, serta ramah, yang sangat membantu memberikan penjelasan kepada pelanggan.

Data Suara Pria Susah Dicari

Alasan pemilihan lainnya mengapa suara perempuan lebih banyak digunakan adalah karena data suara pria susah dicari atau belum banyak dikembangkan. Hal ini yang membuat programmer menggunakan suara perempuan untuk diterapkan ke applikasi yang memerlukan virtual asisten suara untuk lebih menghemat waktu dan biaya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah