Ternyata Posisi Lotus Bikin Hubungan Makin Intim

63

Posisi lotus bisa dilakukan ketika kita berhubungan seksual dengan pasangan untuk meningkatkan keintiman. Gerakan ini dilakukan dengan salah satu pasangan duduk bersila dan yang lainnya mengangkangi sekaligus berhadapan. Bisa dikatakan, posisi lotus mirip dengan gaya ‘cowgirl’ namun dalam keadaan duduk tegak.

“Konfigurasi ini membuat dua tubuh yang saling berhadapan menempel erat, yang bisa menjadi intim, manis, dan seksi,” kata seksolog Good Vibrations, Carol Queen, Ph.D.

Apa itu posisi lotus?

Posisi lotus adalah istilah modern untuk posisi seks tantra yang paling terkenal yakni yab-yum. Istilah lotus, yang bermakna teratai, dipilih karena lebih nyaman dikatakan dan akrab di telinga banyak orang.

Namun inti dari posisi lotus sebenarnya bukan hanya soal aktivitas seksualnya saja namun juga bagaimana kita bersentuhan fisik dalam keadaan tersebut. “Seks tantra berarti Anda bernapas, fokus pada saat ini (dan bukan tujuan orgasme di masa depan), dan menjadi kreatif,” katanya.

Menerapkan posisi lotus bersama pasangan tidak berarti kita sedang mempraktikkan seks tantra karena ada banyak faktor spiritual dan keintiman yang harus dipertimbangkan.

Manfaat posisi lotus saat berhubungan seksual

Keintiman dan kenikmatan saat berhubungan seksual memang bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu dengan berbagai gaya dan posisi yang bisa dicoba bersama pasangan. Dari segi seksualitas, ada beberapa manfaat dari posisi lotus, dikutip dari Mind, Body, Green:

Hubungan lebih intim dengan pasangan

Posisi lotus disarankan ketika kita ingin aktivitas seksual terasa lebih intim dan romantis.

Pasalnya, gaya ini memberikan kesempatan untuk berciuman, pelukan seluruh tubuh, dan kontak mata tanpa henti.

“Gabungkan tatapan mata, pernapasan sinkron, dan menyentuh dahi Andabersama-sama untuk meningkatkan perasaan terhubung lebih banyak lagi,” saran Barbara Carrellas, ACS, seksolog asal AS.

“Ini bukan posisi untuk bercinta cepat! Ini lebih cocok untuk memperlambat bercinta dan koneksi yang penuh perasaan.”

Baik untuk stimulasi klitoris

Penelitian menunjukkan setidaknya 36 persen wanita membutuhkan stimulasi klitoris untuk mencapai klimaks. Dengan posisi lotus, area klitoris lebih mudah diakses dan mendapatkan stimulasi dari gesekan tubuh.

Beragam variasi

Posisi saling berhadapan ini bisa menciptakan sensasi yang sama sekali berbeda. Kita juga bisa mencoba berbagai variasi lainnya dengan pasangan untuk meningkatkan pengalaman dan sensualitasnya.

Menciptakan energi dengan pasangan

Karena berasal dari seks tantra, posisi lotus juga memiliki dampak dari segi energi spiritual. “Dalam posisi ini, semua chakra Anda sejajar dengan chakra pasangan Anda, yang menciptakan banyak sirkuit energi di antara Anda,” kata Carrellas.

Meskipun kita tidak percaya dengan hal seperti ini, gaya ini juga bisa menciptakan energi yang unik karena posisi tubuh kita dan pasangan yang sinkron.

Adaptatif

Posisi lotus juga ramah bagi pasangan yang kondisi fisiknya tidak optimal atau kurang bugar. Posisi ini dapat dimodifikasi sehingga setiap jenis kelamin atau bagian kelamin pasangan dapat mengambil bagian,” kata Queen.

Termasuk ketika salah satu pasangan berada di kursi roda atau mengalami cedera sehingga tidak bisa bergerak bebas.

“Perhatikan saja bahwa pasangan yang duduk di atas harus memastikan untuk bergerak cukup sering untuk menghindari terputusnya sirkulasi di kaki pasangannya.”

Source : (kompas.com)