The Magic Parka

2117
0
freemans-sporting-club-2013-fall-winter-isle-of-man-parka-2

Pakaian ‘wajib’ para pecinta skuter ini sekarang merambah jadi trend tersendiri. Nggak cuma dipakai oleh anak mod aja, tapi sudah masuk ke dalam daftar fashion item penunjang gaya biar makin stylish dan trendy.

Sebetulnya, parka atau yang bisa juga disebut Anorak ini adalah pakaian yang biasa digunakan untuk yang tinggal di wilayah dingin. Sepintas mungkin wujud dari parka -yang dibuat dari caribou (rusa) atau kulit anjing laut- dengan jaket pada umumnya sama, tapi ternyata parka lebih tahan terhadap air. Ini karena parka mengandung minyak ikan yang berfungsi untuk menahan air.

Parka juga mengalami perkembangan dari awal kemunculannya hingga saat ini. Awal tahun 1950, parka digunakan oleh pasukan militer, khususnya awak penerbangan, saat ditempatkan di daerah-daerah yang sangat dingin dan bersuhu -60 ° F (-50 ° C ~) dan saat itu dibuat dengan material sutra nilon dengan kombinasi bahan wol.

Tahun 1970-an parka mengalami perubahan pada material yang digunakan. Dari yang super tebal berubah menjadi lebih ringan dengan menggunakan poliester. Bukan cuma itu aja, bahan kulit terluar juga berubah menjadi warna hijau. Dan harga parka jenis itu bisa dibilang murah dengan fungsi yang sedemikian baik, jadi nggak heran kalau banyak pelajar Inggris yang memilikinya.

Ada yang namanya masa jaya, ada juga masa redup. Di sekitar tahun 1980-an, parka sempat turun pamor karena dianggap fashion item para geek, bahakan setiap anak yang menggunakannya jadi bahan ejekan. Walaupun pada awalnya parka digunakan untuk keperluan tentara militer, jaket ini kerap kali dijadikan sebagai simbol anak mod. Hal ini dikarenakan pada masa itu, anak-anak muda Inggris kebanyakan memiliki sekuter sebagai sarana transportasi mereka, karena cuaca di sana yang cukup dingin, untuk melindungi diri saat berkendara dengan sekuter, mereka menggunakan parka.

parkalb

Tapi sekarang, bukan cuma anak mod atau yang tinggal di wilayah dingin aja. Di Jakarta atau sejumlah tempat di Indonesia banyak juga kok yang pakai parka. Tentunya selain biar nggak kedinginan di musim hujan kayak gini, sekaligus juga bisa gaya dong pastinya.