The Rolling Stones Akhiri Konser Peringatan 60 Tahun, Dedikasikan untuk Mendiang Watts

93

The Rolling Stones mengakhiri konser peringatan 60 tahun pada Rabu, 3 Agustus 2022, di Berlin, Jerman. Konser ini pun sekaligus didedikasikan untuk mendiang drummer, Charlie Watts, yang telah wafat tahun lalu.

Konser di Berlin ini merupakan konser terakhir Rolling Stones dalam tur Eropa mereka. Sebelumnya, band asal Inggris tersebut telah membuka tur Eropa mereka di Madrid pada 1 Juni lalu.

Tur Sixty ini mencakup 14 konser di seluruh benua. Konser tersebut dibuat untuk menandai 60 tahun terbentuknya band Rolling Stones.

“Konser ini adalah penampilan ke-118 band di Jerman,” kata vokalis Mick Jagger mengatakan kepada penonton di Waldbuhne, sebuah amfiteater terbuka di barat ibukota Jerman.

Selain itu, dalam konser tur Eropa terakhirnya ini, juga terdapat penghormatan emosional kepada mendiang drummer Charlie Watts, dengan meminum beberapa gelas schnapps malam sebelumnya untuk menghormati Watts. Seperti diketahui, Watts meninggal pada Agustus 2021 pada usia 80 tahun.

Stones sendiri membawakan lagu-lagu hits mereka dalam konser yang berlangsung selama lebih dari dua jam itu. Lagu-lagu seperti Start Me Up, Paint it Black, Jumpin’ Jack Flash. dan klimaksnya (I Can’t Get No) Satisfaction  berhasil membius penonton yang hadir dalam konser peringatan 60 tahun band asal Inggris tersebut.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah